Kuta, 11/4 (Antara) - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III memperkirakan seluruh wilayah Bali akan memasuki musim kemarau secara merata pada Juni 2013.

"Sejak Maret tahun ini sudah ada dua zona musim (ZOM) dari 15 ZOM di Bali sudah mulai memasuki musim kemarau," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Nyoman Gede Wiryajaya, di sela-sela Sosialisasi Perubahan Iklim di Kuta, Kamis.

Dua wilayah di Pulau Dewata yang paling awal memasuki kemarau itu adalah kawasan Nusa Penida dan sebagian Klungkung. Kemudian setelah itu adalah di daerah pesisir pantai utara Bali.

"Memasuki bulan ini diperkirakan ada delapan zona yang mulai dilanda musim kemarau, pada Mei ada dua dan Juni ditambah lagi tiga," ucapnya.

Wiryajaya mengatakan, jadi diperkirakan pada pertengahan tahun ini secara merata seluruh daerah di Pulau Dewata sudah dilanda musim kekeringan dengan kondisi yang normal dibandingkan tahun lalu.

Menurut dia, pada 2013 kondisi cuacanya lebih basah dibandingkan tahun lalu. Saat musim kemarau nanti rata-rata curah hujan di bawah 10 milimeter selama 10 hari. "Jadi saat musim kemarau itu bukan berarti tidak ada hujan sama sekali, akan tetapi curah hujannya lebih rendah dibandingkan kondisi normal yakni di sekitar 50 milimeter," ujarnya. (IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013