Kepolisian Resort Tabanan berkolaborasi dengan TNI menyiagakan dua ratusan personilnya untuk mengamankan jalannya tahapan Pilkada serentak 2024 termasuk masa kampanye dan hari pencoblosan pada 27 November mendatang di wilayah Kabupaten Tabanan.

"Kami berkolaborasi dengan TNI, siagakan 250 personil," ujar Kapolres Tabanan AKBP Chandra Citra Kesuma usai memimpin gelar pasukan Operasi Zebra Agung 2024 di Tabanan, Senin.

AKBP Chandra menjelaskan 250 personil tersebut akan disiagakan di 133 desa yang ada di wilayah Kabupaten Tabanan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 850 titik.

Ia juga mengatakan, selain melakukan pengamanan TPS, personel Polres Tabanan pun akan berjaga di rumah pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Tabanan baik nomor urut 1 maupun 2.

"Pengamanan di rumah masing-masing pasangan calon itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Agar mereka selamat dan keamanan terjamin," katanya.

Selain masalah pengamanan Pilkada serentak 2024. Kapolres Tabanan juga menjamin netralitas anggota Polri dalam momentum pilkada ini.

"Saya jamin netralitas anggota kami dalam pilkada ini. Jika ada dari anggota yang ketahuan memihak salah satu paslon atau bentuk pelanggaran lainnya maka ada sangsi yang harus diterima," kata AKBP Chandra.
   
Di sisi lain, Komandan Kodim 1619/Tabanan Letkol Inf Riza Taufiq Hasan menambahkan, untuk mendukung Polres Tabanan, pihaknya akan mengerahkan 194 personilnya.

"Sama dengan anggota Polres Tabanan, saya juga menjamin netralitas TNI untuk perhelatan pilkada di Tabanan ini," tambahnya.

Sementara itu untuk persoalan kasus intimidasi atau apapun yang akan membuat Pilkada Tabanan gaduh maka bagi pihak yang dirugikan diharapkan melaporkan jika ada kasus intimidasi atau kasus lainnya.

"Laporkan saja ke Bawaslu jika ada unsur tindak kriminal, kami akan tindak. Untuk masyarakat jangan terpancing. Ikuti kata hati dan tentukan pilihan calon Bupati Tabanan dan Wakil Bupati Tabanan," pungkas Kapolres Tabanan AKBP Chandra Citra Kesuma.


 

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024