PT PLN (Persero) mencatat sebanyak 1.722.957 pelanggan di Bali telah menikmati layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile hingga Oktober 2024.
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Gede Agung Sindu Putra di Denpasar, Rabu, menyatakan pengguna layanan digital yang diluncurkan sejak tahun 2016 itu melonjak hingga 107 persen yakni 114.137 pelanggan di tahun 2024 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
 
Peningkatan tersebut, menurut dia, menunjukkan kepercayaan masyarakat pada layanan digital PLN Mobile.
 
Pengenalan PLN Mobile melalui berbagai metode pemasaran seperti menyapa pelanggan secara langsung di pusat keramaian menjadi salah satu upaya peningkatan pengguna aplikasi ini.
 
Sindu mengatakan aplikasi PLN Mobile merupakan inovasi dari PLN yang terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
 
“Mulai dari pasang baru, tambah daya, bayar listrik, beli token, sampai pasang internet kini sudah bisa diakses melalui aplikasi PLN Mobile,” katanya.
 
Sindu menyampaikan kebutuhan layanan PLN kini bisa diakses di mana saja dan kapan saja, tanpa perlu repot mencari kantor PLN. Layanan tersebut bermanfaat baik melaporkan keluhan maupun gangguan bisa dilakukan melalui telepon genggam.

Baca juga: PLN tawarkan penyandang disabilitas pasarkan karyanya di PLN Mobile
 
“Ini memudahkan masyarakat, dan menjadi solusi untuk berbagai kebutuhan listrik sehingga kalau mau lapor cukup buka fitur pengaduan di PLN Mobile dan petugas akan menyelesaikannya,” katanya.
 
Salah seorang pengguna PLN Mobile, Arya turut merasakan praktisnya menggunakan PLN Mobile. Ia menuturkan pengalamannya saat mencoba bertransaksi di marketplace PLN Mobile untuk memperoleh potongan biaya tambah daya listrik.
 
“Saya sebetulnya sudah download aplikasi PLN Mobile, waktu itu karena ingin pasang internet. Nah, kemarin sempat mencoba belanja di marketplacenya, biar bisa dapat diskon tambah daya, ternyata ya praktis, tidak seribet yang dibayangkan,” ucapnya.
 
Menurutnya, asal semua alur diikuti, aplikasi PLN Mobile ini user friendly dan tidak perlu harus pergi ke kantor PLN atau bertemu petugas PLN untuk memperoleh penjelasan.
 
“Saya berharap, aplikasi ini bisa terus dikembangkan sehingga pengalaman yang dirasakan dapat memotivasi pelanggan lainnya,” pungkasnya.

Baca juga: PLN dorong pengajuan pasang baru gunakan aplikasi "PLN Mobile"

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024