Kepulauan Seribu (Antara Bali) - Rumah Sakit Apung Yayasan Dokter Peduli "Doctor SHARE" secara resmi beroperasi di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Sabtu, untuk memberikan pelayanan medis kepada masyarakat di wilayah tersebut.

"Kita mengharapkan dengan diresmikannya Rumah Sakit Apung ini, semangat untuk memberikan pelayanan medis bagi seluruh masyarakat Indonesia dapat terjaga," kata pendiri Yayasan Doctor SHARE dr. Lie A. Dharmawan seusai melakukan pemotongan pita peresmian beroperasinya Rumah Sakit Apung di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Sabtu.

Lie mengatakan Rumah Sakit Apung tersebut merupakan yang pertama kalinya dibangun pihak swasta di Indonesia. Rumah Sakit Apung itu berupa kapal pinisi bekas pengangkut semen dengan luas ruang 23,5 x 6,55 meter, yang dimodifikasi sedemikian rupa menjadi sebuah rumah sakit.

Dia menjelaskan Rumah Sakit Apung DoctorSHARE dirancang dengan standar prosedur yang baik dan fasilitas medis lengkap yang dapat menangani operasi besar.

Fasilitas yang tersedia, kata dia, disetarakan dengan fasilitas rumah sakit seperti ruang periksa, kamar bedah yang steril, kamar rontgen, laboratorium, ruang rawat pasien, ruang arsip, kamar dokter, kamar perawat, kamar karyawan, ruang diskusi, dapur, kamar mandi, serta ruang kemudi kapal.

Pelayanan medis yang dilakukan di Pulau Panggang antara lain penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan terhadap 500 pasien, bedah minor bagi 15 pasien, dan bedah mayor bagi tiga orang pasien. (LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013