Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Kamis ditutup menurun akibat meningkatnya sentimen risk-off di pasar yang dipengaruhi oleh naiknya ketegangan geopolitik di Timur Tengah.
 
Pada akhir perdagangan Kamis, rupiah merosot 161 poin atau 1,05 persen menjadi Rp15.429 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.268 per dolar AS.
 
"Rupiah cenderung melemah terhadap dolar AS sepanjang hari, sejalan dengan kenaikan Indeks Dolar AS akibat meningkatnya sentimen risk-off yang mendorong permintaan terhadap aset-aset safe haven," kata Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Kamis.
 
Penguatan sentimen risk-off yang memperkuat dolar AS terutama didorong oleh meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah setelah serangan rudal balistik Iran terhadap Israel.
 
"Permintaan untuk dolar AS tetap kuat karena ketegangan yang meningkat di Timur Tengah, setelah serangan rudal balistik Iran terhadap Israel, yang mendorong otoritas Israel berjanji akan melakukan pembalasan," ujar Josua.
 
Terkait dengan debat wakil presiden Amerika Serikat (AS), tidak ada reaksi signifikan di pasar keuangan. Meskipun topik-topik ekonomi seperti inflasi dan pajak dibahas, para investor menganggap debat tersebut tidak memperkenalkan kebijakan baru atau perubahan substansial yang dapat mengubah prospek ekonomi AS.
 
Selain itu, Indeks Dolar AS menguat di tengah data pasar tenaga kerja AS yang lebih baik dari perkiraan. Laporan dari ADP menunjukkan bahwa bisnis swasta di AS menambahkan 143.000 pekerjaan pada September 2024, tertinggi dalam tiga bulan, setelah sebelumnya 103.000 pada Agustus 2024, dan melampaui perkiraan sebesar 120.000.
 
Penciptaan lapangan kerja mengalami pemulihan secara umum setelah mengalami penurunan selama lima bulan, dengan sektor manufaktur menambahkan pekerjaan untuk pertama kalinya sejak April 2024.
 
"Hal ini memperkuat tanda-tanda bahwa pasar tenaga kerja AS mungkin tidak melambat signifikan seperti yang sebelumnya diperkirakan," tuturnya.
 
Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Kamis melemah ke level Rp15.394 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.247 per dolar AS.
 

 
Baca juga: Kurs Rupiah Kamis pagi tergelincir 65 poin jadi Rp15.333 per dolar AS

Baca juga: Kurs rupiah pada Kamis merosot setelah data pekerjaan AS ADP lebih kuat dari perkiraan

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024