Bupati Badung, Bali I Nyoman Giri Prasta meminta jajaran pemerintah desa se-Kabupaten Badung untuk memaksimalkan potensi di wilayahnya guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan mensejahterakan masyarakat.

“Kami mendorong agar setiap desa di Badung dapat memaksimalkan potensi sumber daya yang ada, mengembangkan inovasi desa, dan selalu berpihak pada kepentingan rakyat,” ujar Bupati Giri Prasta saat rapat koordinasi dengan pemerintahan desa di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan desa adalah ujung tombak pembangunan, karena itu sinergi antara pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten sangat krusial untuk mempercepat pencapaian visi pembangunan Kabupaten Badung.

Untuk itu menurut dia kolaborasi yang solid antara pemerintah daerah dan desa harus terus diperkuat untuk mendorong pembangunan seperti percepatan pembangunan infrastruktur, pengelolaan dana desa, serta pengembangan potensi ekonomi lokal melalui sektor pariwisata dan pertanian.

“Oleh karena itu kami berkomitmen untuk terus mendukung program-program desa termasuk melalui alokasi dana yang transparan dan tepat sasaran,” kata dia.

Bupati Giri Prasta menjelaskan melalui koordinasi yang baik dan komitmen bersama yang kuat dalam membangun desa yang mandiri dan sejahtera akan membuat Badung terus maju dan menjadi contoh bagi kabupaten lainnya di Indonesia dalam pengelolaan desa yang efektif dan inovatif.

“Kami harus terus bekerja keras dan kita harus bekerja cerdas. Kami, di tingkat kabupaten, siap mendukung segala inisiatif yang baik demi kemajuan desa,” jelas dia.

Dalam kegiatan yang diikuti 1.630 peserta yaitu kepala desa, BPD, perangkat desa dan unsur staf desa itu Bupati Giri Prasta juga memberikan perhatian mengenai pengelolaan data desa, pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), PDAM serta penanganan kemacetan.

“Kedepannya BumDes harus bisa berinovasi dalam pengelolaan dengan bekerja sama antar BumDes yang ada di Kabupaten Badung hingga kabupaten lain,” ujar dia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Badung Komang Budhi Argawa menambahkan pihaknya telah mengimplementasikan kegiatan yang mendukung program Bupati Badung dalam membangun desa. 

Dukungan itu diberikan salah satunya melalui dana desa yang pada tahun ini ditetapkan pagu untuk 46 desa sebesar Rp46,8 miliar dengan peruntukan, BLT DD, KPM Ketahanan Pangan, Dana Operasional Pemerintah Desa.

“Selain itu ada program prioritas lainnya seperti Bantuan Permodalan Bumdes, Kesehatan, Pariwisata Skala Desa serta program-program atau kegiatan lainnya,” pungkas Komang Budhi Argawa.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024