Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng, Bali mengumumkan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati di daerah itu yakni nomor urut satu pasangan Nyoman Sugawa Korry-Gede Suardana dan nomor urut dua pasangan I Nyoman Sutjidra-Gede Supriatna.
     
"Pengundian telah dilakukan secara transparan dan sesuai dengan prosedur yang diatur oleh undang-undang," kata Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana di Gedung KPU Buleleng, Senin.
     
Ia mengatakan proses pengundian ini berlangsung terbuka dan sesuai aturan, memastikan integritas dalam setiap tahapnya dan telah disaksikan kedua belah pihak pasangan calon.
      
Setelah pengundian, para pasangan calon langsung melakukan deklarasi kampanye damai. Dalam deklarasi ini, kedua pasangan sepakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat Buleleng.
     
"Kami juga bersama-sama menjalin komitmen bersama menjalankan kampanye secara jujur tanpa menggunakan politik uang, berita bohong (hoaks), atau isu-isu yang dapat memecah belah masyarakat," kata dia.
      
Dudhi Udiyana juga menyampaikan di sore harinya akan diadakan rapat koordinasi terkait persiapan kampanye melibatkan kedua belah pihak pasangan calon bupati dan wakil bupati. 
      
“Kami akan mengundang pasangan calon, tim kampanye, dan tim pemenangan untuk memastikan persiapan kampanye berjalan tertib, lancar, dan sesuai aturan,” katanya.
      
Ia mengungkapkan, dengan pengundian nomor urut ini, pemilihan bupati dan wakil bupati Buleleng resmi memasuki tahapan/fase kampanye, dimana para pasangan calon diharapkan dapat berkompetisi secara sehat demi kesejahteraan masyarakat di kabupaten ujung utara Pulau Dewata tersebut.
      
Penentuan nomor urut terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng tahun 2024 resmi dimulai dengan diselenggarakannya rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon.

Acara ini berlangsung di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng dihadiri oleh pasangan calon, perwakilan partai politik, tim sukses, serta jajaran KPU Buleleng.

Pewarta: IMBA Purnomo/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024