Penjabat Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menyebutkan atlet asal Pulau Dewata tanpa mengalami kendala pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara.

“Tidak ada permasalahan terkait akomodasi dan sebagainya. Kami sangat bersyukur,” kata Sang Made Mahendra Jaya di sela pembukaan PON XXI di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin.

Ia mengaku kehadirannya pada pembukaan ajang empat tahun sekali itu juga sekaligus memberikan semangat kepada atlet, pelatih dan ofisial dari Bali untuk memberikan hasil terbaik kepada Pulau Dewata.

Orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Bali itu juga memastikan sejak hari pertama pertandingan atlet Bali hingga pembukaan secara resmi, seluruhnya berjalan mulus.

Ada pun kontingen Bali mulai berdatangan untuk wilayah Aceh pada 26 Agustus 2024 yakni paramotor, dan 29 Agustus 2024 yakni cabang olahraga bola basket 5x5, baseball.

Baca juga: Gubernur Bali petakan cabang olahraga pendulang emas di PON 2024

Setelah itu kontingen Bali mulai berdatangan hingga pada 7 dan 8 Agustus 2024, tim besar berdatangan di Aceh dan Medan, Sumatera Utara.

Atlet paramotor mengawali pertandingan pada 29 Agustus 2024.

Sedangkan seluruh pertandingan dijadwalkan berakhir bersamaan dengan penutupan pada 20 Agustus 2024 rencananya di Stadion Utama Sumatera Utara di Medan.

“Semua berjalan baik, atlet juga bersyukur. Bali sampai saat ini belum mulai (pembukaan resmi) sudah dapat tiga emas, itu luar biasa,” katanya.

Sementara itu, PON XXI dihadiri oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh mulai pukul 20.00 WIB.

Kepala Negara tiba di Stadion Harapan Bangsa didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Baca juga: Kontingen Bali awali parade pembukaan PON XXI

Sesuai daftar susunan acara, pembukaan juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Kemudian, Penjabat Gubernur Aceh Safrizal ZA, Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni, seluruh gubernur di Indonesia serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Aceh dan Sumatera Utara.

Selain itu, upacara pembukaan PON XXI juga dapat disaksikan langsung oleh masyarakat yang antusias datang sejak siang hari di stadion yang berkapasitas sekitar 13.500 penonton dengan kursi tunggal itu.

 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024