Pimpinan, hakim, dan pegawai Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, Senin, memberikan donasi kepada Panti Asuhan Hope Children Home, Dalung, Kabupaten Badung yang terdampak kebakaran, Sabtu (3/8), dalam rangka merayakan HUT Ke-79 Mahkamah Agung di daerah setempat.

Juru Bicara PN Denpasar Gde Putra Astawa mengatakan donasi yang terkumpul Rp25 juta itu bentuk kepedulian PN Denpasar terhadap keberlangsungan hidup anak-anak yang terdampak bencana dan mendukung pemulihan panti asuhan tersebut.
 
Bantuan tersebut merupakan sumbangan sukarela dari seluruh hakim dan pegawai PN Denpasar.
 
Panti Asuhan Hope Children Home terbakar, Sabtu (3/8) yang menyebabkan aula seluas 12x22 meter, kantor 7x12 meter, kamar tidur, dan kamar mandi asrama laki-laki dan perempuan, serta bangunan dapur, hangus terbakar.

Baca juga: Pemkab Badung serahkan logistik ke panti asuhan yang terbakar
 
Kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek listrik menjelang acara peringatan hari ulang tahun panti asuhan tersebut. Tidak ada korban jiwa saat kejadian tersebut.
 
Ia mengharapkan kegiatan bakti sosial itu dapat membantu dan mendukung pemulihan panti asuhan yang memiliki perhatian terhadap anak-anak itu.
 
PN Denpasar juga membagikan 100 paket sembako kepada pengemudi ojek daring yang melintas di depan kantor PN Denpasar.
 
Dalam pantauan di depan Kantor PN Denpasar, pengemudi ojek daring dari berbagai platform berhenti dan antusias mengambil paket sembako yang berisi beras dan kebutuhan rumah tangga lainnya.
 
Dia menjelaskan pemberian paket sembako itu untuk membantu kebutuhan mereka yang berprofesi sebagai pengemudi ojek daring sering dengan operasional di kawasan tersebut.

 

“Intinya acara bakti sosial ini merupakan wujud nyata kepedulian kami terhadap masyarakat, terutama mereka yang membutuhkan bantuan," kata Astawa.
 
Selain bakti sosial, PN Denpasar mengikuti seremonial diselenggarakan Mahkamah Agung melalui Zoom. Dalam seremonial itu, beberapa aplikasi penting diluncurkan guna meningkatkan efisiensi dan transparansi sistem peradilan.
 
Aplikasi tersebut meliputi aplikasi SIAP MA yang terintegrasi dengan fitur Smart Majelis, aplikasi e-Court untuk upaya hukum kasasi dan peninjauan kembali, aplikasi Deteksi Dini (Early Detection) untuk mengidentifikasi potensi masalah dalam proses peradilan, serta Aplikasi JDIH (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum) versi bergerak yang mempermudah akses informasi hukum.
 
“Pesan dari Ketua PN Denpasar I Nyoman Wiguna mengingatkan kepada seluruh pihak, khususnya para hakim, untuk melaksanakan penyelesaian perkara dengan sungguh-sungguh dan berkeadilan. Hal ini sejalan dengan dukungan terhadap tema ‘Peradilan Tangguh, Indonesia Maju’ dan visi Mahkamah Agung untuk mewujudkan badan peradilan yang agung,” kata Putra Astawa.
 
Peringatan HUT Ke-79 Mahkamah Agung yang jatuh pada 19 Agustus 2024 mengusung tema "Peradilan Tangguh, Indonesia Maju".
 
Dalam semarak memperingati Hari Jadi Ke-79 MA itu, PN Denpasar juga membagikan hadiah undian kepada semua karyawan, hakim, petugas, serta media cetak dan daring yang rutin meliput kegiatan di pengadilan.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024