Gianyar (Antara Bali) - Bupati Gianyar Anak Agung Bharata berjanji akan memfasilitasi petani tanaman lidah buaya (aloevera) di daerah itu dalam penyediaan peralatan untuk industri pengolahan dan pemasarannya.

"Kami selalu memikirkan berbagai upaya agar petani kita di Gianyar sejahtera apalagi aloevera memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan," katanya di sela-sela menemui kelompok Tani Aloevera Merta Sari di Bonbiyu Blahbatuh, Gianyar, Minggu.

Bupati yang baru dilantik dua minggu ini juga berjanji akan memberikan penyuluhan dan bimbingan kepada para petani supaya dapat terus meningkatkan hasil produksi.

Bupati Bharata pada kesempatan itu sekaligus melihat proses produksi, mencoba hasil industri rumahan dan menyerap permalasahan petani aloevera di Blahbatuh.

Made Rame, salah satu petani aloevera asal Bon Biyu menyampaikan saat ini dirinya bersama 51 anggota Kelompok Mekar Sari terkendala pada pemasaran produk.

"Dua tahun belakangan sejak pabrik aloevera di Desa Saba sulit memasarkan produk pupuk organik dari bahan oloevera, banyak petani menunda panennya," ujarnya.

Ia sendiri telah mulai menanam lidah buaya sejak 2007. Saat ini, Rame menanam lidah buaya pada enam are tanah miliknya. Sejak enam tahun membudidayakan lidah buaya, Rame mengaku hasil tanaman ini cukup menjanjikan.

"Kalau dibandingkan menanam padi, keuntungan lidah buaya bisa 1 : 3. Setidaknya dari enam hektare tanah yang ditanami lidah buaya di Desa Saba bisa diproduksi, per are-nya menghasilkan 750 kilogram lidah buaya setiap kali panen," ujarnya.

Hasil panen petani selanjutnya dimaanfaatkan untuk kegiatan industri rumahan alovera Kelompok Mekar Sari. Kelompok yang diketuai Ketut Redim Suyasa telah berhasil memproduksi berbagai olahan makanan dan minuman dari oloevera.

Pemasannya pun telah merambah hingga ke Kota Denpasar. Namun kelompok ini, juga terkendala minimnya alat-alat produksi, pabrik yang masih belum memenuhi standar dan terkendala pemasaran.

Sementara itu Ketua Himpunan Kelompok Tani Kabupaten Gianyar Dr Diah Kencana yang turut hadir dalam acara ini, menyampaikan kesiapannya untuk mendukung program Bupati Agung Bharata untuk lebih mensejahterakan petani. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013