Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI terpilih Dapil Bali berdasarkan hasil Pemilu 2024, yakni I Komang Merta jiwa, menyatakan ingin fokus memperjuangkan program bedah rumah bagi warga miskin di Pulau Dewata.

"Banyak masyarakat kita di seluruh Bali yang masih membutuhkan bantuan bedah rumah. Ini akan menjadi program prioritas saya, yang sesuai dengan fungsi dan kewenangan di DPD," kata Merta Jiwa di Denpasar, Rabu.

Merta Jiwa yang merupakan "pendatang baru" di DPD RI ini mengatakan sudah bersilahturahmi dengan anggota DPD Made Mangku Pastika selaku senior di DPD, sebagai upaya untuk membangun komunikasi dan tuntunan ketika dirinya nanti sudah mulai duduk di Senayan.

"Saya minta jalan shortcut (jalan pintas) apa yang harus dilaksanakan, terutama untuk melanjutkan program-program Beliau (Mangku Pastika) yang selama ini telah dilaksanakan dan dirasakan oleh masyarakat Bali," ujar pria yang berasal dari Kabupaten Bangli, Bali itu.

Baca juga: Pemkot Denpasar serahkan bantuan rumah layak huni untuk warga kurang mampu

Menurut dia, dari komunikasi yang telah terjalin, Pastika menitipkan pesan untuk melanjutkan program bedah rumah agar bisa tuntas, yang sebelumnya program tersebut menjadi salah satu program prioritas Pemprov Bali ketika Pastika dua kali menjabat Gubernur Bali.

"Program bedah rumah ini sangat luar biasa dan kebetulan sesuai dengan apa yang menjadi hati nurani saya untuk mengambil kebijakan yang pro-rakyat miskin," ucapnya.

Selain itu, lanjut Merta Jiwa, perjuangannya selama ini hingga akhirnya terpilih di DPD juga hampir linier dengan yang telah dan sedang dilakukan oleh Mangku Pastika.

"Perjuangan saya hampir 70 persen ada di masyarakat pedesaan, di kampung-kampung kecil, yang selama ini rasa-rasanya belum pernah dikunjungi oleh pejabat daerah," katanya.

Baca juga: Pemkab Gianyar perbaiki rumah tak layak huni dan salurkan BLT

Itulah yang membuat dirinya terinspirasi, terlebih ia juga terlahir dari kemiskinan, bahkan dengan keluarga sangat miskin dari kecil. "Saya berharap kemiskinan cukup buat saya saja dan jangan sampai ada masyarakat Bali yang lain menerima dan mengalami nasib yang sama seperti apa yang saya alami dulu," katanya.

Merta Jiwa berharap dengan menjadi anggota DPD, maka bisa memperjuangkan warga miskin, dimulai dari program bedah rumah.

"Seperti halnya yang disampaikan Pak Mangku Pastika, fokus pada bedah rumah, memerangi kebodohan dan kemiskinan, serta mengembangkan kesehatan karena itulah bentuk aplikasi dari kesejahteraan," katanya.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024