PT Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise terus memperkuat dan memberi dampak positif bagi digitalisasi dan inklusi keuangan tanah air dengan menyediakan solusi digital terpadu bagi lembaga pengkreditan desa di Bali.

Direktur Utama Telkomsel Nugroho dalam keterangannya di Denpasar, Bali, Jumat menyatakan sebagai product powerhouse dari Telkom Indonesia yang berfokus menghadirkan layanan B2B, Telkomsel mengumumkan kemitraan strategis antara Telkomsel Enterprise dengan PT USSI, perusahaan terkemuka dalam pengembangan solusi teknologi informasi untuk lembaga keuangan mikro.

Kemitraan yang diresmikan di Nusa Dua, Bali itu, juga melibatkan sinergi langsung dengan lembaga perkreditan desa (LPD) di seluruh Bali, dengan tujuan menyediakan solusi telekomunikasi dan keuangan yang inklusif, inovatif, dan transformatif.

Baca juga: Kejari Jembrana tahan tersangka korupsi LPD dengan kerugian Rp1,2 M

Kemitraan strategis antara Telkomsel, USSI, dan LPD Provinsi Bali ditetapkan dalam kerangka sinergi korporasi dan ritel untuk mempercepat implementasi platform Gerai Pintar dengan solusi end-to-end yang disediakan oleh Telkomsel, termasuk konektivitas jaringan yang andal dan platform pembayaran digital yang aman.

Dalam kerja sama tersebut, USSI akan menyediakan perangkat lunak dan dukungan teknis yang diperlukan untuk memastikan kelancaran operasional.

Sementara LPD Provinsi Bali, yang kini memiliki lebih dari 2,2 juta nasabah, akan berperan sebagai stakeholder utama lembaga keuangan desa adat.

"Kerja sama ini mencerminkan komitmen Telkomsel untuk mendorong transformasi digital di ekosistem bisnis Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan," kata Nugroho.

Baca juga: Berkas perkara korupsi LPD Gulingan dilimpahkan ke Kejari Badung

Dia menjelaskan melalui penyediaan solusi telekomunikasi dan teknologi finansial yang terpadu bersama USSI, serta pemanfaatan jaringan layanan LPD Provinsi Bali diharapkan dapat menghadirkan kontribusi yang bermakna dalam mempercepat inklusi keuangan.

Dengan kemitraan bersama korporasi dan ritel tersebut serta sebagai kerangka contoh bagi inisiatif serupa di seluruh Indonesia, Telkomsel akan terus berinovasi menghadirkan solusi yang relevan untuk memberdayakan seluruh lapisan masyarakat, katanya.

Sejalan dengan misi #PastiAdaSolusi Buat Langkah Berani bersama Telkomsel untuk memperkuat ekosistem bisnis di Indonesia, kemitraan bersama korporasi dan ritel itu tidak hanya memperluas akses layanan keuangan digital, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi nasabah LPD dan masyarakat Bali.

Sementara itu, Maman Tirta Rukmana, CEO USSI Group, mengatakan kerja sama itu merupakan langkah penting dalam upaya kami untuk memperluas jangkauan solusi teknologi kami ke lembaga keuangan mikro di seluruh Indonesia.

"Kami optimis bahwa dengan dukungan Telkomsel dan LPD Provinsi Bali kami dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat Bali," katanya.

LPD Provinsi Bali sebagai lembaga keuangan yang memiliki peran penting dalam perekonomian lokal dan pengelolaan dana adat di Bali, juga menyambut baik kemitraan ini.

Ketua Badan Kerja Sama LPD Provinsi Bali Nyoman Cendikiawan mengatakan dukungan Telkomsel dan USSI akan membuka peluang bagi masyarakat yang membutuhkan layanan keuangan.

"Kami yakin bahwa dengan dukungan dari Telkomsel dan USSI, kami dapat meningkatkan layanan kami dan mencapai lebih banyak masyarakat yang membutuhkan akses ke layanan keuangan," ujarnya.
 

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024