Denpasar  (Antara Bali) - Sebanyak 225 warga mengikuti lomba wisata perahu kano di Tukad Badung, yang merupakan bagian dari perayaan HUT Kota Denpasar yang diperingati setiap 27 Februari.

"Peserta lomba kano tahun ini lebih banyak, disesuaikan perayaan HUT yang ke 225, dibandingkan 2012 yang hanya melibatkan sekitar 130 orang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar I Putu Budiasa, di sela-sela perlombaan di aliran sungai yang membelah ibu kota Provinsi Bali itu, Minggu.

Jumlah peserta lebih bisa lebih banyak juga karena kali ini menampilkan dua kelas perlombaan yang berbeda yakni 'paddle canoe' dan 'stand up paddle canoe'.

Lomba itu diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat di sekitar bantaran sungai atau tukad untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestariannya. Selain itu, lomba perahu kano di Tukad Badung tersebut juga bertujuan untuk menambah atraksi wisata air bagi masyarakat di ibu kota Provinsi Bali.

Perlombaan kano di sungai yang membelah kota itu yang lokasinya di sebelah utara Pura Tanah Kilap mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat. Pemkot Denpasar terus berupaya menjadikan Tukad Badung sebagai salah satu pusat objek wisata.

Tidak hanya dalam jumlah peserta yang berpartisipasi tetapi juga penonton yang memenuhi kawasan tersebut. Mereka tidak memperdulikan pancaran panas sinar matahari yang menyengat. (IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013