Pemerintah Kabupaten Tabanan menjadikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai momentum kemajuan teknologi di kabupaten setempat.

"Saat ini semua orang dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang di depan mata, yakni kemajuan teknologi yang melesat cepat," kata Sekda Kabupaten Tabanan I Gede Susila saat menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di halaman depan Kantor Bupati Tabanan, Bali, Senin.

Menurut Gede Susila, saat perkembangan teknologi yang semakin canggih dan pesat harusnya Indonesia sudah menjadi pemain, bukan hanya ikut serta dalam persaingan global.

"Dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua," ujarnya.

Gede Susila melanjutkan, refleksi atas pilihan tersebut  bisa dirujuk dengan "berkunjung kembali" kepada gagasan awal  membentuk Indonesia. Lebih dari seabad yang lalu, tepatnya 20 Mei 1908 lahir organisasi Boedi Oetomo yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang dirayakan sampai saat ini.

Selain Boedi Oetomo adalah R.A Kartini yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan dan kemajuan melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia. Kemudian, apa yang menjadi gagasan dari para embrio bangsa dirumuskan oleh Bung Karno sebagai Jembatan Emas.

"Kemerdekaan dibayangkan Bung Karno sebagai Jembatan Emas yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir batin diatas tanah sendiri," kata Susila.

Upacara  yang digelar setiap 20 Mei tersebut ini dihadiri Jajaran Forkopimda Tabanan,  para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, Instansi Vertikal di Tabanan, TNI, POLRI, Pegawai dan Pelajar di lingkungan Pemkab Tabanan.

Usai menggelar upacara kebangkitan nasional dan hari pendidikan nasional Sekda Tabanan I Gede Susila menyerahkan apresiasi penghargaan kepada beberapa pegawai di lingkungan Pemkab Tabanan, yakni penghargaan ASN of The Month kepada pegawai teladan ataupun berprestasi dan menyerahkan penghargaan purna tugas kepada para pegawai yang telah pensiun dan memberikan jasa dan pengabdian yang tulus untuk Pemerintah Kabupaten Tabanan.

Pewarta: Pandhe Yuda

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024