Ambon (Antara Bali) - Sebanyak 37 kapal layar terdaftar mengikuti lomba Darwin - Ambon Yacht Race (DAYR) 2013, belum termasuk beberapa armada yang tergabung dalam Darwin Sailing Club (DSC).

Menurut Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Senin, peserta yang terdaftar mengikuti lomba DAYR itu tergolong sangat minim, sehingga pihaknya perlu meningkatkan kerja sama dengan pemerintah Darwin.

"Kami terus meningkatkan kerja sama agar perlombaan yang diprakarsai Cruising Yacht Association of the Northern Territory Incorporated (CYANT) sejak 1976 itu tidak terputus," ucapnya.

Pada 2012 hanya sembilan peserta yang mengikuti lomba, tetapi tahun ini pemerintah Darwin memberikan perhatian yang luar biasa, kata Wali Kota Ambon.

DAYR merupakan ajang promosi pariwisata Ambon ke kancah internasional sehingga dibutuhkan peran swasta. "Kami mendorong swasta untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan lomba layar, sehingga tidak lagi pemerintah yang harus berperan," katanya.

Richard menambahkan bahwa daerahnya selain memiliki potensi panorama alam yang indah, juga akan mengedepankan pengembangan rasa hormat dan sikap melayani kepada tamu. (*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013