Yogyakarta (Antara Bali) - Sebanyak 70 pengemudi becak di Kota Yogyakarta mengikuti lomba kepariwisataan dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-39 SMA Negeri 8 Yogyakarta, Minggu.

"Kegiatan lomba becak pariwisata itu sudah rutin digelar setiap tahun untuk memperingati hari ulang tahun sekolah," kata Kepala SMA Negeri 8 Yogyakarta Munjid Nur Alamsyah di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, pengemudi becak diwajibkan menjawab berbagai pertanyaan di sejumlah pos tentang pariwisata di Yogyakarta, SMA Negeri 8, bahkan beberapa pertanyaan akan disampaikan menggunakan bahasa Inggris.

Rute yang ditempuh peserta, yakni mulai Jalan Ipda Tut Harsono, Jalan Kusumanegara, Jalan Veteran, Jalan Kebun Raya, hingga SMA Negeri 8 Yogyakarta.

"Ini adalah perlombaan individual. Juara akan diberikan hadiah berupa uang tunai Rp650.000," katanya.

Munjid mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan menghargai keberadaan pengemudi becak yang tidak bisa lepas dari perkembangan pariwisata di Kota Yogyakarta.

"Pada tahun ketiga ini, baru diikuti puluhan peserta, tetapi untuk tahun depan akan digelar kegiatan yang lebih besar dengan jumlah peserta hingga 1.000 pengemudi becak karena bertepatan dengan lustrum," katanya. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013