Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, Bali, memberikan dukungannya kepada para generasi muda yang berprestasi di wilayah tersebut, salah satunya adalah tim Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 1 Mengwi, Badung.

“Mereka akan berkompetisi di Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx 2024) in Thailand Inventors' Day 2024, jadi kami memberikan dukungan penuh berupa dukungan moril dan materiil yaitu biaya akomodasi dan uang saku,” ujar Bupati Badung Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan pemberian dukungan dan apresiasi kepada generasi muda yang berprestasi, bertalenta, dan inspiratif,adalah langkah yang penting dalam memotivasi dan menciptakan lingkungan pendidikan yang positif.

“Adanya penghargaan dan pengakuan akan memberikan motivasi tambahan kepada talenta-talenta muda kami untuk terus bekerja keras dan mencapai prestasi yang lebih tinggi,” katanya. 

Bupati Giri Prasta menjelaskan dengan pemberian perhatian dari Pemkab Badung maka generasi muda seperti tim KIR SMA Negeri 1 Mengwi merasa dihargai dan diakui atas usaha dan dedikasinya.

Hal tersebut juga akan menjadi pendorong bagi siswa lainnya untuk terus meningkatkan kinerja akademik dan non-akademik mereka, demi kemajuan daerah dan bangsa kedepannya.

“Jadi anak-anak ini akan berangkat ke Thailand pada 31 Januari mendatang untuk ikut berkompetisi memperkenalkan karya ilmiah berjudul LAST-D, Laboratory Assistant for Prediction Diabetes Disease with Machine Learning. Jadi secara pribadi saya sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh kepada mereka,” ucapnya. 

Pada kesempatan yang lain Pemkab Badung juga memberikan apresiasi dan dukungan kepada generasi muda yang aktif terlibat dalam ajang pemilihan Puteri Indonesia Bali 2024 yang diselenggarakan di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa, ajang tersebut dapat menjadi teladan dan memberi pengaruh positif pada generasi muda agar menjadi SDM yang handal, berkualitas, kompetitif, dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas serta berwawasan budaya.

Selain itu itu pemilihan itu dipandang penting dan strategis dalam mengembangkan kreasi dan inovasi bagi generasi muda untuk meningkatkan serta memantapkan eksistensi dan perannya dalam membangun negeri tercinta.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini yang juga dapat menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan Balai Budaya Giri Nata Mandala sebagai venue yang sangat layak dan representatif untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti ini,” ungkapnya.

Pewarta: Rolandus Nampu/Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024