Bali United bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bali melatih sebanyak 50 guru olahraga untuk menumbuhkan bakat muda di tingkat sekolah.

“Kegiatan ini sangat positif di jenjang pendidikan untuk bisa menghasilkan bakat-bakat talenta sepak bola khususnya untuk pemain di tim sepak bola wanita dari Bali dan juga untuk Indonesia,” ujar Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Provinsi Bali I Made Dana Tenaya di Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu.

Pelatihan kepada 50 guru jenjang pendidikan sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) seluruh Bali itu diadakan di Pemusatan Latihan Bali United di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar.

Tenaga pengajar jasmani, olahraga dan kesehatan itu mendapatkan materi pelatihan dari Asisten Pelatih Fisik Bali United Muhammad Rasyid, Pelatih Kepala Bali United U-16 Sandhika Pratama dan Direktur Akademi Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Bali I Made Suartama.

Selain materi teori, guru tersebut juga mendapatkan praktik langsung di lapangan yang berada di pinggir pantai itu.

Baca juga: Bali United Basketball alihkan lokasi latihan akibat GOR terbakar

Sementara itu, Ketua Umum Asprov PSSI Bali I Ketut Suardana menambahkan kegiatan itu diharapkan berkelanjutan untuk memberikan nilai tambah bagi para pengajar.

Pelatihan itu diharapkan membuka kesempatan setiap guru olahraga semakin berkembang misalnya menjadi pelatih sepak bola berbakat dalam menangani sebuah tim profesional untuk kemajuan sepak bola di Bali.

“Selain itu, ikon Bali sebagai tujuan wisata olahraga juga dapat terealisasi lebih optimal,” kata Suardana.

Ia pun mengharapkan para guru olahraga itu mengaplikasikan materi pelatihan sebagai tambahan kepada anak didik di sekolah.

Selain itu, kata dia, banyak talenta muda berbakat di tingkat sekolah menuju jenjang profesional di bidang sepak bola untuk kebutuhan di tim Bali United, Tim Porprov, Tim PON, Liga 3, Liga 2 hingga Liga 1 dan bahkan tidak menutup kemungkinan ke jenjang Tim Nasional Indonesia.

Rencananya, kerja sama itu ditingkatkan dengan pelaksanaan turnamen mini dalam mengembangkan potensi para pemain berbakat yang ada di Pulau Dewata.

Baca juga: Bali United akui keunggulan wakil Korsel Daejon Hana Citizen dengan skor 1-0

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024