Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar Bali membersihkan kawasan aliran sungai di sejumlah wilayah di daerah itu sebagai antisipasi terjadinya genangan air dan musibah banjir saat musim hujan.

"Antisipasi dan juga prioritas pembersihan beberapa kawasan sungai tetap dilakukan, meski situasi cuaca saat ini tak menentu," kata Kepala Dinas PUPR Kota Denpasar AA Ngurah Bagus Airawata di Denpasar, Kamis.

Menurut dia, di tengah situasi cuaca yang tidak menentu dan hujan yang sering tidak merata di beberapa kawasan di Kota Denpasar, menjadi atensi Dinas PUPR Kota Denpasar.

"Kawasan rawan genangan hingga daerah sungai yang berpotensi terjadi sumbatan sampah menjadi fokus dalam antisipasi situasi cuaca saat ini," katanya.

Pihaknya melakukan pembersihan sungai menyasar saluran air di kawasan Jalan Imam Bonjol, Banjar Abiantimbul, dan telah berhasil diangkat sampah kayu hingga sampah plastik.

Baca juga: Pertamina manfaatkan PLTS olah sampah di Kedonganan

Selain itu beberapa kawasan aliran sungai tetap menjadi pemantauan Dinas PUPR Denpasar, seperti sungai di kawasan Desa Pemecutan Kaja, aliran sungai di Jalan Raya Pemogan, sungai di kawasan Desa Pedungan, dan aliran sungai di kawasan Sesetan, Denpasar Selatan.

Hal itu dilaksanakan sebagai upaya antisipasi dalam mencegah meluapnya air sungai atau saluran air akibat adanya sedimentasi, sampah, atau benda padat lainnya di saluran air.

"Pembersihan ini lebih kepada upaya untuk mengembalikan fungsi sungai yang sebenarnya. Hal ini dilaksanakan secara rutin, sehingga saat debit air meningkat tidak meluap atau sampai menimbulkan genangan di titik tertentu," katanya.

Bagus Airawata juga mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan sungai dan saluran air lainnya.

Baca juga: Bersih pantai terbesar di Pantai Kelan Bali libatkan 1.000 orang

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024