London (Antara Bali) - Dubes RI untuk Kerajaan Belgia merangkap Keharyapatihan Luksemburg dan Uni Eropa Arif Havas Oegroseno bersama Menteri Pariwisata Françoise Hetto-Gaasch memukul gong menandai dibukanya stan Indonesia pada pameran wisata terbesar di Vakanz.

Stan Indonesia dalam Vakanz 2013 yang berlangsung 18-20 Januari lalu, kata Dubes Arif H Oegroseno, Selasa, diisi berbagai tur operator dari Tanah Air, Garuda Indonesia serta pihak Belgia yang menilai pasar Luksemburg sangat khas.

Berbeda dengan warga Eropa lain yang sering bertanya tentang tarif promosi, wisatawan Luksemburg secara spesifik memesan hotel kelas bintang lima dengan harga sekitar 250 Euro per malam. Mereka juga memastikan tanggal kedatangan dengan jelas dan meminta "quotation" harga satu hingga dua hari setelah pameran selesai.

Indikasi pilihan hotel minimal bintang lima terlihat dari hotel-hotel yang ikut berpameran di Vakanz 2013, yakni semuanya minimal bintang lima, resort dan spa hotel. Warga Luksemburg dikenal sebagai wisatawan dengan angka pengeluaran tertinggi di dunia yakni sekitar 6.000 dolar AS per orang.

Luksemburg merupakan negara dengan GDP Per capita 68.100 Euro, tertinggi di Uni Eropa dan tingkat Actual Individual Consumption (AIC) per kapita mencapai 140 persen di atas rata-rata AIC warga Uni Eropa. Worldbank mencatat Luksemburg sebagai negara dengan tingkat GDP per kapita tertinggi di dunia.

Dalam acara pembukaan Vakanz 2013, Indonesia menampilkan tari Pendet, prosesi Barong dan Rangda, tari Jaipong, dan angklung interaktif yang semuanya mampu mengundang tepuk tangan meriah para penonton. Para tamu undangan dan pengunjung Vakanz 2013 juga berkesempatan mencicipi minuman khas Indonesia: es teler. (ZG/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013