Sebanyak 84 industri kecil menengah (IKM) dan usaha kecil menengah (UKM) binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar, telah lolos kurasi untuk memeriahkan ajang Denpasar Festival (Denfest) ke-16 pada 22-25 Desember 2023.

"Semoga yang masuk seleksi memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan produk unggulannya," kata Ketua Dekranasda Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara saat memimpin rapat kurasi IKM/UKM peserta Denfest di Denpasar, Selasa.

Sagung Antari memimpin rapat kurasi bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar dan anggota Dekranasda Kota Denpasar

Turut hadir dalam rapat tersebut Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Denpasar Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Menurut istri Wali Kota Denpasar itu, keterlibatan IKM/UKM akan menjadi salah satu daya tarik utama dalam festival yang akan berlangsung di kawasan Catur Muka Denpasar.

Baca juga: Transaksi Denfest 2022 capai Rp2,5 miliar

Seluruh IKM/UKM yang terlibat merupakan binaan Dekranasda Kota Denpasar. Ia menekankan peserta Denpasar Festival tahun 2023 telah melalui seleksi ketat, dengan fokus pada produk unggulan dan ciri khas Kota Denpasar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindag Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari mengatakan dari 149 peserta yang mendaftar dilakukan kurasi atau seleksi tahap pertama diterima 86 peserta.

Dari 86 dilakukan kurasi tahap kedua, hanya 84 IKM/UKM yang masuk kriteria, terdiri dari peserta sektor fesyen 45, sektor kerajinan 27, agro 5 dan sektor lainnya 7.

"Antusiasme dan kreativitas para pelaku usaha kecil ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam memeriahkan Denfest tahun ini," ujar Sri Utari.

Sri Utari menambahkan dalam ajang Denfest juga akan ditampilkan "fashion show" binaan Dekranasda Kota Denpasar. Perajin diharapkan mempersiapkan produknya karena akan ditampilkan oleh model.

Baca juga: UMKM produksi disabilitas miliki dua stan di Denfest 2022
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023