Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Badung, Bali terus mengembangkan berbagai pelayanan untuk masyarakat salah satu inovasi terbaru yang diluncurkan adalah layanan perekaman e-KTP yang dibuka pada hari Minggu.

“Kami membuka pelayanan pada hari Minggu untuk memudahkan masyarakat, terutama bagi para siswa yang sudah berhak memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP),” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Badung Anak Agung Arimbawa di Mangupura, Badung, Bali, Selasa.

Ia menjelaskan program pelayanan pada hari Minggu itu didasari karena kebanyakan masyarakat memiliki waktu pada hari libur, karena itu pihaknya menyiapkan sejumlah petugas untuk melayani masyarakat dalam proses perekaman data hingga pencetakan KTP.

Untuk pelayanan pada hari Minggu, pihaknya dapat menjalankan proses perekaman sidik jari, iris mata dan wajah. Khusus untuk pelajar, nantinya apabila mereka sudah berusia 17 tahun di tahun 2024 akan dapat langsung dicetak KTP.

“Kamu akui bahwa permasalahan administrasi kependudukan cukup kompleks, salah satunya dalam perekaman data KTP elektronik bagi masyarakat pemula yang berhak memilikinya. Untuk itu program ini kami jalankan,” kata dia.

Anak Agung Arimbawa mengungkapkan saat ini capaian perekaman data untuk KTP elektronik di wilayah Kabupaten Badung sudah mencapai 98 persen.

Ia meyakini, dengan adanya pelayanan hari Minggu itu akan dapat semakin meningkatkan jumlah perekaman dengan rata-rata masyarakat yang datang melakukan perekaman 10 hingga 15 orang.

“Selain program ini kami juga terus melakukan perekaman secara jemput bola di tingkat kecamatan juga. Kedepannya kami juga bisa buatkan gerai Adminduk di tingkat desa seperti yang pada tahun ini sudah bisa dilakukan di Desa Pelaga,” ungkap dia.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023