Denpasar (Antara Bali) - Bank Indonesia Perwakilan Wilayah III (Bali Nusra) menyatakan pada kuartal awal 2013 kinerja ekspor Pulau Dewata mengalami penurunan akibat perlambatan pertumbuhan ekonomi di sejumlah kawasan di dunia.

"Kinerja ekspor memang sedikit melemah, namun saat ini sudah kembali dalam tahap perbaikan," kata Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah III (Bali Nusra), I Gde Made Sadguna, di Denpasar, Minggu.

Dia memperkirakan kinerja ekspor akan kembali meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang terus membaik, namun belum dapat dipastikan pada kuartal berapa. "Peningkatan itu belum dapat dipastikan kapan, tergantung kondisi eksternal dan internal," ucapnya.
    
Salah satu hal yang harus dilakukan guna meningkatkan kinerja tersebut adalah dengan terus menggalakkan dan menumbuhkan industri kreatif.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali mencatat nilai realisasi ekspor Bali pada November 2012 sebesar 48,25 juta dolar AS mengalami penurunan sebesar 7,37 persen dibandingkan Oktober tahun yang sama sebesar 52,09 juta dolar AS. (IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013