Pemerintah Kabupaten Badung, Bali berkomitmen untuk terus mendukung anak muda mengembangkan E-Sport sebagai salah satu cabang olahraga yang dapat mendatangkan prestasi dan mengharumkan nama kabupaten setempat.

“E-Sport secara resmi sudah dipertandingkan di tingkat daerah seperti Porprov hingga ke tingkat internasional. Oleh karena itu, kami berkomitmen memberikan perhatian khusus dan serius terhadap E-Sport dengan melihat prestasi gemilang yang telah diraih para atlet kami seperti tim Gryffin Badung,” ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suisa dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Senin.

Ia menjelaskan saat ini industri dan cabang olahraga E-Sport terus berkembang pesat dan menjadi salah satu cabor yang digandrungi oleh generasi muda sehingga semakin banyak masyarakat yang terinspirasi untuk mengejar karir profesional dalam dunia E-Sport.

Menurut dia, E-Sport sebagai suatu kompetisi juga sangat menghibur dan menjadi suatu fenomena yang menarik dengan menggabungkan teknologi dan hiburan bagi penontonnya dan memberikan sensasi emosional terhadap pemainnya.

“Oleh karena itu, kami sedang berfikir untuk bisa membuat lebih banyak event-event skala lokal dan nasional, serta memiliki venue yang mumpuni sehingga akan memunculkan atlet-atlet muda berbakat di Badung,” kata dia.

Wabup Suiasa menambahkan pihaknya juga mengapresiasi tim E-Sport Gryffin Badung yang telah berhasil menduduki peringkat 1 untuk menjuarai Liga 2 E-Sport Nasional 2023.

“Kami bangga dan mengapresiasi capaian gemilang dari tim ini, serta akan mendukung program dan rencana yang akan dilaksanakan tim. Kami berharap tim Gryffin ini juga nantinya dapat memiliki satu tempat untuk bisa dijadikan sebagai home base,“ kata dia.

Sementara itu, Manager Tim Gryffin Badung Ariel Farkhan mengungkapkan tim Gryffin Badung juga masuk menjadi Tim Mobile Legends Bali dan mengantarkan Bali lolos ke PON XXI E-Sport Aceh-Sumatera Utara 2024.

“Saat ini tim kami juga sedang berjuang di Pertandingan Liga 1 E-Sport Nasional 2023 dan berada di posisi 2. Selanjutnya akan melakoni babak play-off pada tanggal 1 Desember di Jakarta,” ungkap dia.

Ia mengatakan kedepannya tim Gryffin Badung memiliki program untuk membangun sebuah akademi yang membidangi olahraga E-Sport. Karena itu pihaknya memohon dukungan Pemerintah Kabupaten Badung untuk bisa menjembatani rencana itu sehingga nantinya muncul talenta-talenta berbakat.

"Kami mohon agar Pemkab Badung bisa menjembatani program ini sehingga menjadi pelajaran ekstrakurikuler di sekolah-sekolah di Badung. Harapannya terbentuknya wadah ini dapat membangkitkan bakat-bakat pemain sebagai tempat pencarian talenta atau bibit atlet baru di Badung," kata Ariel Farkhan.

Pewarta: Rolandus Nampu/Naufal Fikri Yusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023