Bupati Karangasem I Gede Dana menghadiri monitoring dan evaluasi kegiatan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem dan penyerahan bantuan, di wilayah Kecamatan Kubu, Jumat (15/9/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Gede Dana menyerahkan bantuan chest freezer pada kelompok pengolah dan pemasar Manis Segara Madu, Br. Dinas Muntig, Desa Tulamben, dan penyerahan bantuan ke lokasi penerima bantuan ternak kambing di KTT Pula Sari, Br. Dinas Muntig, Desa Tulamben. Selanjutnya menyerahkan bantuan  ke lokasi penerima bantuan traktor di KT Pangan Mandiri, Br. Dinas Beluhu Kauh, Desa Tulamben. Terakhir, diserahkan bantuan benih jagung kepada 61 kelompok tani, di Subak Abian, Anyar Bakalan, Br. Dinas Kayu Aya, Desa Sukadana.

Dalam tiap lokasi yang dikunjungi, Bupati Gede Dana menyempatkan dirinya berdialog dengan petani dan nelayan yang ada di lokasi tersebut.

Kadis Pertanian, Pangan dan Perikanan, I Nyoman Siki Ngurah, ST, MT, dalam laporannya menyampaikan bahwa benih jagung yang disalurkan oleh pemerintah pusat adalah benih jagung hibrida varietas unggul RK 57. Berdasarkan petunjuk teknis yang dikeluarkan, jagung yang dipanen adalah jagung yang sudah kering dengan umur panen 86-96 hari setelah tanam. Mengingat produksi jagung di Kabupaten Karangasem berdasarkan data hasil panen tahun sebelumnya rata-rata produksi panen jagung mencapai 7-8 ton/hektar.

Dalam sambutannya Bupati Gede Dana menyampaikan bahwa Sektor Pertanian adalah salah satu sektor yang mendongkrak perekonomian di Kabupaten Karangasem sehingga dalam Visi dan  Misi,menempatkan pertanian sebagai sektor unggulan. Fokus pembangunan di Kabupaten Karangasem ada 7 bidang prioritas salah satunya adalah mengenai pangan, sandang dan papan.

"Semoga bantuan pemerintah ini dapat bermanfaat bagi petani dan setelah panen jagung yang dikembangkan seluas 909 hektar di Kecamatan Kubu, mampu memberikan hasil yang maksimal bagi petani, kedepannya semoga apa yang menjadi cita-cita saya selaku Bupati Karangasem bisa mewujudkan pertanian yang tangguh dan mandiri dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani serta nelayan," ucap Bupati Gede Dana mengakhiri sambutannya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Kubu, Perbekel Sukadana dan Tulamben, Kepala UPTD, Koordinator BPP, Puskeswan, serta Penyuluh Pertanian dan Penyuluh Perikanan yang mewilayahi daerah tersebut.

Pewarta: Antara News Bali

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023