Pelatih Kepala Bali United Stefano Cugurra menilai kompetisi klub teratas Tanah Air, Liga 1 Indonesia 2023/2024 berjalan kompetitif karena perolehan poin yang saling berdekatan antartim.

"Tentu ini situasi bagus karena kompetisi bisa kembali berjalan normal. Hal ini juga membuat persaingan terjadi di posisi atas dan bawah di papan klasemen," kata Stefano di Gianyar, Bali, Selasa.

Kompetisi Liga 1 saat ini baru berjalan 11 pekan setelah dilaksanakan partai pembuka di Stadion Kapten I Wayan Dipta l, Kabupaten Gianyar, Bali, pada 1 Juli yang mempertemukan Bali United melawan PSS Sleman.

PSS Sleman menang 1-0 di markas tuan rumah yang dijuluki Serdadu Tridatu itu.

Saat ini kompetisi Liga 1 Indonesia sedang jeda sementara karena memasuki FIFA Matchday pada September.

Baca juga: Pelatih kaji pola permainan Bali United U-18 jelang Elite Pro

Total 18 tim bersaing menjadi yang terbaik pada laga strata pertama liga di Indonesia yang memunculkan persaingan sengit antarklub.

Pelatih asal Brazil itu berharap laga yang kompetitif di Liga 1 Indonesia juga berlangsung di Liga 2 yang baru dimulai 10 September di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur.

Kompetisi Liga 2 kembali dilaksanakan di Indonesia setelah pada musim lalu dihentikan setelah tragedi Kanjuruhan dengan titel Pegadaian Liga 2 2023/2024.

Kompetisi strata kedua liga Indonesia ini berlangsung pada 10 September hingga 9 Maret 2024 yang diikuti oleh 28 klub.

"Bagus Liga 2 sudah mulai. Mudah-mudahan kompetisi kedua ini berjalan kompetitif seperti di Liga 1," kata Coach Teco.

Baca juga: Bali United pelajari laga dua tim lawan di Piala AFC

Sementara itu, pada klasemen sementara Liga 1 Indonesia, Bali United berada di peringkat kedelapan dengan mengoleksi 17 poin.

Sedangkan di peringkat ketujuh dihuni PSS Sleman dengan jumlah poin yang sama dengan Serdadu Tridatu.

Meski memiliki poin sama, namun yang membedakan adalah dari hasil pertemuan pertama, PSS Sleman lebih unggul kemenangan atas Bali United.

Untuk tim lainnya, PSIS Semarang dan Persebaya Surabaya berada di posisi kelima dan keenam dengan jumlah poin sama yaitu 18 poin atau selisih satu angka dari PSS dan Bali United.

Begitu juga dengan peringkat ketiga dan keempat yang dihuni oleh Borneo FC Samarinda dan Rans Nusantara FC dengan koleksi 19 poin dan berjarak hanya satu poin dengan penghuni peringkat kedua.

PS Barito Putera mengoleksi 20 poin yang membuat mereka berada di posisi kedua di papan klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

Sementara Madura United FC mengantongi 23 poin yang membuat mereka menghuni puncak klasemen sementara di Liga 1.

Bali United akan memulai pekan ke-12 dengan menjamu Rans Nusantara FC pada Jumat (15/9) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.


 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023