Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem, Bali, berupaya mempermudah perizinan berusaha melalui program Serasi Tari Baris yakni Strategi Kolaborasi Percepatan Perizinan Berusaha Berbasis Desa dan Kelurahan.

"Melalui inovasi ini, saya mendorong kemudahan perizinan berusaha bisa dilayani di kantor desa maupun kelurahan, apalagi saat ini kita sudah menyusun Perda Pemberian Insentif Kemudahan Penanaman Modal untuk meningkatkan iklim investasi di Karangasem,” kata Bupati Karangasem I Gede Dana di Karangasem, Bali, Sabtu.

Serasi Tari Baris merupakan program Pemkab Karangasem yang digagas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kabupaten setempat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas, jangkauan, dan akses lebih luas kepada masyarakat tentang fasilitas perizinan berusaha berbasis risiko.

Gede Dana menjelaskan program tersebut menjadi bagian dari strategi kolaborasi Pemkab Karangasem dengan melibatkan kecamatan, desa, dan kelurahan untuk menindaklanjuti target capaian realisasi investasi nasional dan target penerbitan 3 juta Nomor Induk Berusaha (NIB).

Saat diluncurkan secara perdana di Taman Budaya Chandra Bhuana Amlapura, sembilan desa terluar ditunjuk sebagai percontohan jangka pendek, di mana desa-desa tersebut memiliki akses terjauh menuju mal pelayanan publik (MPP).

Sembilan desa tersebut adalah Desa Tianyar Barat, Desa Bunutan, Desa Seraya Timur, Desa Pasedahan, Desa Bhuana Giri, Desa Sebudi, Desa Sidemen, Desa Sangkan Gunung, dan Desa Pempatan.

Gede Dana meminta desa-desa lainnya menyusul sehingga dapat mencapai 69 desa dan kelurahan tuntas mengikuti pelatihan daring Online Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) dan siap memfasilitasi perizinan berusaha di masing-masing desa dan kelurahan.

"Saya senantiasa mendorong semua OPD (organisasi perangkat daerah) untuk terus berinovasi terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik, guna meningkatkan kualitas pelayanan publik yang tentunya harus selaras dengan visi misi Kabupaten Karangasem, yaitu mengembangkan tata kelola pemerintahan yang baik, bebas korupsi serta pelayanan publik yang prima," ujar Gede Dana.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023