Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pemerintah Provinsi Bali ke-65, diselenggarakan kegiatan Kolaborasi Bali Era Baru Smart  (KBS) Festival 2023 oleh Pemprov Bali dibawah koordinasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi bersama peran dari Organisasi Perangkat Daerah terkait lainnya dalam rangka mengkolaborasikan kegiatan-kegiatan berupa pameran Pembangunan, UMKM, Pertanian dan Pangan, kuliner, serta lomba-lomba bertempat dilapangan Niti Mandala Denpasar, yang berlangsung dari tanggal 15 s/d 19 Agustus 2023.

Adapun jenis lomba yang diselenggarakan melalui pelibatan masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota adalah : Lomba menghias gebogan berkolaborasi dengan Dinas Pertanian dan Pangan, Lomba memasak serba ikan berkolaborasi dengan TP-PKK, dan Lomba olahan pangan lokal berorientasi oleh-oleh khas Bali berkolaborasi dengan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan.

Bupati Karangasem, Gede Dana sangat mendukung diselenggarakannya KBS Festival dalam rangkaian HUT Provinsi Bali ke-65 Tahun 2023 untuk menumbuhkembangkan perekonomian Bali. Adapun kepesertaan Pemkab Karangasem dalam kegiatan tersebut adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karangasem, melibatkan OPD terkait dengan inovasi serta pengrajin tenun endek/songket khas Karangasem dan Tenun Geringsing mengikuti Pameran Pembangunan Kolaborasi yang berlangsung dari tanggal 15-19 Agustus 2023. Ni Wayan Andriani dan  I Wayan Widana  berkolaborasi dengan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan mengikuti lomba merangkai gebogan dengan buah lokal yang telah dilaksanakan Selasa (15/8/2023) dan berhasil meraih Juara II. Ni Nyoman Pasek Mustini dan Ni Nyoman Supadmi (TP-PKK Kecamatan Manggis) berkolaborasi dengan TP-PKK Kabupaten Karangasem mengikuti Lomba memasak serba ikan dilaksanakan Rabu (16/8/2023). Luh Buda Suryani “Oleh-oleh Buntik” berkolaborasi dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan dilaksanakan Rabu (16/8/2023). Sedangkan  Ni Wayan Sukerti “Warung Mek Luh” dan I Gusti Ayu Made Witari “RM. D’Jalikan” berkolaborasi dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan sebagai peserta pameran kuliner lokal khas Kabupaten Karangasem.

Upacara Pembukaan KBS Festival akan dilaksanakan pada Hari Rabu, 16 Agustus 2023 pukul 18.00 wita oleh Gubernur Bali yang akan di hadiri Bupati/Wali Kota se-Bali.

Pewarta: Antara News Bali

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023