Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karangasem kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek)  penyusunan master plan smart city Kabupaten Karangasem tahap ke 2, bertempat di Aula Diskominfo, Senin (24/7/2023).

Kegiatan bimtek dilaksanakan selama dua hari, tanggal 24 dan 25 Juli 2023, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah, Ir. I Ketut Sedana Merta, ST., MT., didampingi Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, I Komang Agus Sukasena, S.IP., M.A.P.yang diikuti secara luring oleh Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City Kabupaten Karangasem, sedangkan secara during diikuti Perbekel se-Kabupaten Karangasem dan Duta Digital se-Kabupaten Karangasem.

Dalam sambutannya Sedana Merta mengapresiasi kegiatan bintek penyusunan Master plan Smart City Kabupaten Karangasem yang didukung oleh Kementerian Kominfo, untuk Kabupaten Karangasem sebagai Tim Pendamping Ir. Hafni Septiana. Dan berharap kepada seluruh peserta Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City dapat mengikuti dengan baik dan aktif memberikan masukan data-data pendukung yang diperlukan, sehingga penyusunan Master Plan Smart City dapat terselesaikan secara optimal dan berkualitas untuk mewujudkan Karangasem Smart City.

Prof. Dr. Dyah Mutiarin M.Si sebagai Tim Pembimbing dalam pembangunan konsep smart city di Kabupaten Karangasem, memaparkan hasil diskusi dari bimtek yang pertama, telah tersusun draf buku I, yang terdiri Bab 1 Analisis Kondisi Masa Depan, Bab II Analisis Kesiapan Daerah, Bab III Analisis Gap Strategi Pembangunan Smart City, Bab IV Analisis Visi Pembangunan Smart City. Diharapkan dari peserta bimtek untuk memberikan masukan untuk melengkapi data-data tersebut. Terdapat tiga hal pentingyang diperlukan, yakni terciptanya sinkronisasi, dimaksudkan untuk menyamakan (alignment) pemahaman akan visi, misi, dan mempertemukan kepentingan yang berbeda dari setiap pihak serta menumbuhkan rasa kepemilikan (sense of belonging) atas rencana pembangunan Smart City yang diinisiasi. Pembangunan Smart City merupakan usaha yang kontinu, bertahap, dan bersifat multi sektoral oleh karena itu diperlukan sebuah perencanaan yang baik dan terintegrasi sebagai Masterplan Smart City.
 

Pewarta: Antara News Bali

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023