Tiga lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Denpasar, Bali, mendapat kesempatan menjadi objek kunjungan dari peserta konferensi internasional asosiasi riset PAUD di Pasifik (Pacific of Early Childhood Education Research Association/PECERA)

"Konferensi Internasional PECERA ke-23 tahun ini akan berlangsung dari 7-9 Juli 2023, dihadiri 300 peserta dari berbagai negara," kata Chair of the Indonesian Conference Committe PECERA Prof Sofia Hartati di Badung, Bali, Jumat.

Kegiatan konferensi ini akan diisi dengan kunjungan ke sekolah (school visit) pada empat lembaga pendidikan setingkat PAUD dan TK. Tiga diantaranya ada di Kota Denpasar dan satu di Kabupaten Badung.

Lembaga pendidikan PAUD dan TK di Kota Denpasar itu yakni TK Negeri Pembina Denpasar, yang berlokasi di Desa Dauh Puri Kaja. Kemudian, PAUD Sai Prema Kumara, yang berada di wilayah Tonja serta PAUD Widya Santhi yang berlokasi di kawasan Ubung.

"Kegiatan konferensi tahun ini, setidaknya dihadiri sebanyak 300 peserta yang merupakan praktisi, akademisi, guru PAUD/TK dan juga peneliti bidang PAUD yang berasal dari berbagai negara di dunia," ujar Prof Sofia.

Baca juga: Pemkot Denpasar sosialisasi program transisi PAUD - SD lewat lomba

Diantaranya para peserta berasal dari Amerika Serikat, Jepang, China, Australia, New Zeland, Korea Selatan, Singapura, Thailand, Malaysia, Philipina, Hongkong, Taiwan, Buthan, Inggris dan Indonesia.

Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana berharap agar konferensi tersebut akan membawa dampak pada pola pengembangan riset PAUD di Kota Denpasar.

"Kami harapkan para peserta konferensi ini dapat menjalin jejaring serta komunikasi untuk bekerja sama, untuk pengembangan riset PAUD, demi kemajuan pendidikan PAUD secara global, termasuk di Kota Denpasar," kata Alit Wiradana.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara usai seremonial pembukaan konferensi mengaku bangga tiga lembaga pendidikan usia dini di Kota Denpasar tersebut, dapat dikunjungi oleh para peserta konferensi PECERA 2023.

"Ini sebuah kebanggaan bagi PAUD Kota Denpasar. Mudah-mudahan konferensi ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta dan kita semua terutama dalam proses pengetahuan dan pengalaman seputar bidang PAUD," ujarnya.

Baca juga: Bunda PAUD Gianyar menyapa dan berbagi di 4 kecamatan

Dalam konferensi tersebut jumlah makalah yang akan dipresentasikan sebanyak 180, dengan menghadirkan dua pembicara kunci yaitu Prof Jelena Obradovic dari Satndford University dan Dr Deidre Gartland dari Murdoh University.

Selain itu terdapat bagian kegiatan lainnya yakni simposium dan juga lokakarya yang akan disampaikan oleh para ahli dari Jepang dan Korea Selatan serta dari Indonesia.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023