Ratusan rumah di Desa Pengambengan, Kabupaten Jembrana, Bali terendam banjir akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Kamis (6/7) hingga Jumat.
 
“Rumah-rumah yang terendam di wilayah yang jadi langganan banjir. Kami masih terus memantau,” kata Perbekel atau Kepala Desa Pengambengan Kamaruzzaman saat dikonfirmasi di Jembrana, Bali, Jumat.
 
Meskipun tak menyebutkan secara pasti jumlah rumah yang terendam banjir, namun dipastikan volume air di daerah itu terus meningkat karena kondisi cuaca masih turun hujan lebat. Warga yang rumahnya terendam air banjir menyelamatkan diri dan barang-barang, termasuk kendaraan bermotor ke tempat yang lebih tinggi.
 
Pantauan di lapangan, banjir tidak hanya menggenangi rumah warga, tapi juga sejumlah titik di jalan utama desa pesisir tersebut.
 
Di Dusun Kelapa Balian, Kecamatan Negara Jembrana air banjir masih terpantau setinggi paha orang dewasa. Pengguna kendaraan pun terpaksa putar balik tidak menggunakan jalur di daerah itu.
 
Karena itu, bagi pengguna jalan terutama pengendara motor disarankan untuk berputar melewati jalan di dalam Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan.
 
Di tempat berbeda tepatnya di Dusun Kelapa Balian dan Munduk terendam banjir dengan ketinggian bervariasi antara selutut hingga sepinggang orang dewasa.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana Putu Agus Artana Putra mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tenda pengungsian di Kantor Desa Pengambengan.
 
“Kami juga menyiapkan air bersih, karena pasti sumur warga terendam air banjir,” katanya.
 
Sementara itu di sisi lain, hujan lebat juga mengganggu arus lalu lintas di jalan raya Denpasar-Gilimanuk.
 
Kapolres Jembrana Ajun Komisaris Besar (AKBP) I Dewa Gde Juliana mengatakan ruas jalan Denpasar- Gilimanuk yang masuk wilayah Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan untuk sementara tidak bisa dilewati karena genangan dan arus air banjir yang cukup besar.
 
“Genangan air di jalan raya depan Kantor Desa Gumbrih cukup tinggi, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan,” katanya.
 
Untuk meminimalisir kemacetan, anggota Polsek Pekutatan mengarahkan kendaraan melalui jalur alternatif menuju Pupuan, Kabupaten Tabanan.
 
Ia juga mengatakan, pihaknya melakukan pantauan khusus di jalur utama Denpasar-Gilimanuk termasuk pada jembatan-jembatan yang membentang di sungai besar.
 
Menurut laporan yang diterimanya, sungai di perbatasan Desa Pangyangan dan Gumbrih masih terpantau banjir besar dengan air nyaris mencapai permukaan jembatan.
 
Hingga berita ini ditulis, hujan lebat masih terjadi di sejumlah besar daerah di Kabupaten Jembrana.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023