Pemerintah Kabupaten Jembrana menyumbang enam ekor sapi dan 28 ekor kambing kurban, yang akan diberikan ke sejumlah masjid menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Sebelum dikirim ke masjid, kesehatan hewan-hewan kurban ini kami periksa dulu,” kata Bupati Jembrana I Nengah Tamba, saat menghadiri pemeriksaan kesehatan hewan kurban oleh petugas Dinas Pertanian Dan Pangan di Negara, Senin.

Menurutnya, pemeriksaan hewan kurban merupakan standar yang harus dilakukan, agar daging dari hewan tersebut aman untuk dikonsumsi.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner I Wayan Widarsa mengatakan, pengecekan dilakukan terhadap bentuk fisik, pernafasan dan pencernaan hewan kurban.

Menurut dia, dari pengecekan yang dilakukan, hewan kurban dari Pemkab Jembrana tersebut memenuhi syarat untuk disembelih nanti saat Hari Raya Idul Adha.

Meski saat ini sudah dilakukan pemeriksaan, ia mengungkapkan, saat distribusi dan dipotong, pihaknya akan kembali melakukan pemeriksaan lanjutan yaitu ante mortem dan post mortem

“Pemeriksaan-pemeriksaan ini untuk memastikan daging kurban sehat dan aman dikonsumsi masyarakat,” katanya.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023