Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara dan Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia Mpetjane Kgaogelo Lekgoro membahas peluang perluasan hubungan kerja sama berbagai sektor antara kedua pihak.

"Kota Denpasar siap untuk memaksimalkan kerja sama yang akan memberikan manfaat bagi masing-masing pihak," kata Jaya Negara saat menerima kunjungan Dubes Lekgoro di Denpasar, Selasa.

Menurut dia, Kota Denpasar saat ini tengah menggiatkan peningkatan pemberdayaan pelaku budaya, komunitas lokal, industri kreatif, perajin, dan UMKM.

"Kami selalu berupaya mengintensifkan komunikasi dengan Kota Mossel Bay Afrika Selatan meskipun pandemi COVID-19 melanda beberapa waktu lalu," ujarnya.

Jaya Negara berharap perluasan kerja sama dengan Afrika Selatan nantinya dapat menyokong penguatan sektor-sektor tersebut.

"Pasca-pandemi, Kota Denpasar berusaha bangkit di berbagai sektor. Untuk itu, kami berharap peluang peningkatan kerja sama dengan Afrika Selatan dapat menyokong peningkatan perajin lokal, sektor UMKM, dan lainnya," ucapnya.

Sementara itu Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia Mpetjane Kgaogelo Lekgoro mengatakan kedatangannya ke Kota Denpasar untuk kunjungan persahabatan serta membahas peluang peningkatan hubungan kerja sama berbagai sektor antara Kota Denpasar dengan Afrika Selatan.

Menurut Lekgoro, banyak potensi kerja sama yang bisa diperluas saat ini. Sebelumnya antara Kota Denpasar dan Kota Mossel Bay, Western Cape, telah terjalin "sister city".

"Selain sektor pariwisata dan kunjungan wisatawan Afrika Selatan ke Kota Denpasar, saya kira kita bisa melakukan perluasan kerja sama yakni bidang ekonomi dan juga peluang ekspor impor yang bisa kita gali potensi beragam komoditas," ujarnya.

Untuk ini, Dubes Lekgoro akan berkoordinasi dan mendorong para pengusaha di Afrika Selatan untuk segera melirik peluang bisnis yang bisa dikembangkan dengan para pelaku usaha di Kota Denpasar.

Dalam kesempatan itu juga turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Denpasar I Made Toya serta Kepala Dinas Sosial sekaligus Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Laxmy Saraswati.

Kedatangan Dubes Lekgoro tersebut didampingi Counsellor Kedubes Afrika Selatan Vickesh P Maharaj serta Honorary Consulate Afrika Selatan di Denpasar Bagus Sudibya.


 
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023