Pemerintah Kabupaten Badung, Bali meresmikan bangunan Gereja Kristen Protestan di Bali (GKPB) Jemaat Philadelphia yang telah selesai direnovasi menggunakan bantuan dana hibah Pemkab Badung di kawasan Legian, Kuta, Badung.

"Gereja GKPB Philadelphia yang kami resmikan ini merupakan bantuan hibah renovasi bangunan pada anggaran induk tahun 2018 sebesar Rp2 miliar dan hibah finishing pada anggaran perubahan tahun 2022 sebesar Rp3,9 miliar," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam keterangannya di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan Pemkab Badung memiliki program-program yang membantu masyarakat secara langsung. Salah satu programnya adalah pemberian dana bantuan berupa dana hibah renovasi bangunan tempat ibadah berupa masjid, gereja, vihara dan pura.

Menurut Bupati Giri Prasta, program tersebut merupakan salah satu bentuk penjabaran dari Pancasila, khususnya sila kelima yaitu Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang berarti semua insan sama dapat dan sama rasa.

"Yang beda jangan pernah dipaksakan untuk menjadi sama tetapi yang sudah sama jangan dibedakan. Biarkan kami berbeda namun tetap bersaudara. Maka dengan itu tradisi tetap terjaga dan berjalan sehingga disini ada gamelan, ada pakaian adat. Badung boleh maju tetapi jangan sampai menggerus akar adat dan budaya," kata dia.

Ketua DPRD Badung I Putu Parwata menambahkan pihaknya merasa bangga karena semangat jemaat untuk membangun gereja itu menjadi tempat yang nyaman untuk tempat beribadah.

"Ini juga berkat kebijakan strategis Bupati Giri Prasta. Saya memberikan apresiasi kepada bupati atas kebijakan-kebijakannya. Untuk masyarakat juga jangan pernah putus berkomunikasi dengan pemerintah karena pemerintah tugasnya mengayomi dan juga berkomunikasi dengan tokoh-tokoh di sekitar untuk menjalin hubungan yang baik,” ungkap dia.

Sementara itu, Pimpinan Majelis Jemaat Gereja Philadelphia Pdt. Finsensius A. Oematan mengatakan pihaknya bersyukur dengan adanya dukungan Pemkab Badung dalam merawat kemajemukan beragama, salah satunya dengan pemberian bantuan hibah pembangunan gedung gereja itu.

"Kami berterima kasih kepada bapak bupati Badung yang telah menerima, menyetujui, dan merealisasikan permohonan proposal melalui bantuan hibah sehingga kerinduan untuk memiliki sebuah tempat ibadah yang memadai, nyaman, kondusif, dapat diwujudkan," ujar dia.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023