Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan publik seperti melalui inovasi-inovasi pelayanan publik guna memenuhi harapan masyarakat.

"Dalam rangka mewujudkan peningkatan kesejahteraan rakyat dan daya saing daerah melalui reformasi birokrasi, diperlukan percepatan peningkatan kualitas dan kinerja pelayanan publik di Kabupaten Badung," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Kamis.

Ia mengatakan seluruh jajaran Pemkab Badung harus selalu melakukan terobosan dan inovasi, terlebih dengan isu sekarang ini terkait reformasi birokrasi sehingga perangkat daerah harus mampu mendorong reformasi birokrasi berbasis tematik yang di dalamnya terdapat isu pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi dan lainnya.

"Jadi hal ini jangan hanya dijadikan sebagai ajang untuk mendapatkan penghargaan pelayanan publik secara administratif semata, mari bersama-sama merubah paradigma itu," kata Sekda Wayan Adi Arnawa.

Sekda Adi Arnawa menjelaskan jajaran perangkat daerah di Badung juga harus mampu menerjemahkan dan menjabarkan esensi reformasi birokrasi, yang pada prinsipnya adalah menjadikan pola pikir seluruh aparatur sipil negara di Kabupaten Badung sebagai pelayan masyarakat.

Baca juga: Pemprov Bali nilai SP4N LAPOR jadikan pelayanan publik lebih baik

Menurutnya dengan melakukan terobosan pelayanan berupa gagasan/ide kreatif original atau adaptasi/modifikasi yang mampu memberikan manfaat langsung atau tidak langsung bagi masyarakat.

Hal itu juga merupakan upaya sistematis yang dilakukan secara instansional melalui kegiatan penciptaan, pengembangan, dan pelembagaan Inovasi.

Ia menambahkan kedepannya, seluruh jajaran ASN di Badung harus memiliki target kinerja dan berlomba-lomba melakukan inovasi yang juga akan dijadikan dasar atau instrumen dalam memberikan reward dan punishment.

"Kami harus mengedepankan transparansi, kepastian hukum dan melakukan penyederhanaan birokrasi pelayanan publik, ini yang harus kita terapkan. Dan jalan satu-satunya untuk mewujudkannya dengan menerapkan digitalisasi dan inovasi," tambah Sekda Adi Arnawa.

Baca juga: Pemkab Konawe Utara pelajari layanan publik Pemkab Badung

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023