Mataram (Antara Bali) - Sebanyak 14 dari 33 provinsi di Indonesia dipastikan akan memeriahkan Gelar Tari Nusantara ke-14 di Mataram, Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 7-9 Desember 2012.

"Penari dari 14 provinsi akan beraksi di pangung tarian nusantara, yang disiapkan di Lapangan Sangkareang Mataram untuk aksi luar gedung dan di Aula Taman Budaya Mataram untuk kegiatan dalam gedung," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB H Lalu Moh Faozal, di Mataram, Kamis.

Ia mengatakan, Gelar Tari Nusantara itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Nusantara 2012 yang dipusatkan di Pulau Lombok, NTB.

Peringatan Hari Nusantara jatuh setiap tanggal 13 Desember, dan mulai diperingati sejak 1999. Secara resmi Hari Nusantara telah ditetapkan Pemerintah melalui Keppres No.126/2001.

Penetapkan tanggal Hari Nusantara merujuk pada pernyataan Perdana Menteri H Djuanda yang disampaikan pada tanggal 13 Desember 1957, pernyataan ini selanjutnya dikenal dengan nama Deklarasi Djuanda.

Deklarasi Djuanda merupakan dasar bagi Indonesia menjadi Negara Kepulauan (archipelagic state) guna mewujudkan konsep Wawasan Nusantara NKRI.

Karenanya, peringatan Hari Nusantara menjadi spirit untuk mencegah disintegrasi bangsa dan menjaga serta membangun NKRI menjadi lebih baik.(LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012