BUMN, PT Pelindo Cabang Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali membuka posko layanan angkutan Lebaran selama 24 jam untuk memberikan kemudahan kepada pemudik.

“Kami buka 24 jam baik kesiapan tempat dan pelayanan untuk semua penumpang,” kata General Manager Pelindo Cabang Pelabuhan Benoa Anak Agung Gede Agung Mataram di Denpasar, Jumat.
 

Posko angkutan Lebaran itu dibuka mulai Jumat ini hingga 8 Mei 2023, yang didirikan di Terminal Penumpang Domestik, Dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Denpasar.

Posko tersebut nantinya diharapkan membantu penumpang dan calon pemudik di antaranya terkait informasi keberangkatan kapal, pengamanan hingga kesehatan khususnya selama musim mudik Lebaran.

Pos pelayanan itu dilaksanakan bersama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Benoa dan BUMN bidang pelayaran, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Denpasar.

Selain itu, juga ada instansi dari TNI Angkatan Laut, Polisi Air dan Udara Polda Bali, Kantor SAR Denpasar, Kantor Bea Cukai Tipe Madya Pabean A Denpasar, Kantor Kesehatan Pelabuhan Denpasar Wilayah Kerja Benoa, Imigrasi Kelas I Denpasar, serta Kantor Distrik Navigasi Benoa.

Tak hanya itu, Pelindo Denpasar juga memastikan fasilitas tersedia dan beroperasi optimal untuk mendukung penumpang atau pemudik yang berangkat dan penumpang yang baru tiba di Pelabuhan Benoa.

Fasilitas itu di antaranya mesin pemindai atau X-ray, ruang tunggu hingga fasilitas kesehatan.

Sementara itu, berdasarkan jadwal dari Pelni Denpasar, Kapal Motor (KM) Awu dijadwalkan tiba di Pelabuhan Benoa dari Surabaya pada Jumat ini sekitar pukul 22.00 WITA.

KM Awu nantinya berangkat dari Pelabuhan Benoa pada Sabtu (8/4) ke Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) kemudian menuju Nusa Tenggara Timur yakni di Waingapu-Ende-Kupang dan Kalabahi (Pulang Pergi/PP) yang dijadwalkan sekitar pukul 01.00 WITA.

Di sisi lain, Kepala Cabang Pelni Denpasar Muhammad Ardiansyah menjelaskan sebanyak empat kapal motor milik Pelni melayani angkutan mudik 2023.

“Masing-masing empat kapal itu memiliki kapasitas 1.000 orang penumpang,” imbuhnya.

Empat armada tersebut yakni KM Tilongkabila, KM Awu, KM Binaiya dan KM Leuser.

Kapal sebelumnya menjalani perawatan di antaranya pengecatan, perbaikan fasilitas keselamatan hingga penebalan plat kapal untuk memastikan kelayakan, keselamatan dan kenyamanan pemudik menjelang mudik Lebaran.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023