Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali berkomitmen untuk terus mewujudkan toleransi dan kerukunan umat beragama di wilayah tersebut.

"Guna mewujudkan program kerukunan dan moderasi, kami juga telah melaksanakan kegiatan buka puasa antar tokoh agama Islam dan agama Hindu di Aula Kantor Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak," kata Camat Gerokgak Ketut Aryawan, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan buka puasa bersama tersebut juga bertujuan untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif di wilayah itu guna meningkatkan kerukunan antar umat beragama.

Pihaknya berharap dengan kegiatan ini bisa membuat masyarakat setempat agar dapat selalu bersama rukun dan terus bisa saling mengisi dalam melakukan pembangunan.

Kegiatan positif tersebut juga menjadi sebuah gambaran bahwa toleransi umat beragama di Kabupaten Buleleng khususnya di Kecamatan Gerokgak tetap terjaga keutuhannya serta akan dilaksanakan secara berkelanjutan dari berbagai elemen keagamaan yang ada di Kecamatan Gerokgak.

Ke depannya, pihaknya berharap perlu adanya peran aktif serta tokoh masyarakat dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menjaga dan menghormati keyakinan antar umat beragama di Kecamatan Gerokgak pada khususnya, dan Kabupaten Buleleng pada umumnya.

"Terima kasih kepada seluruh tokoh masyarakat yg sudah secara aktif ikut dalam menjaga keamanan dan ketentraman wilayah Gerokgak," kata dia.

Sementara itu Perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kecamatan Gerokgak mengungkapkan rasa syukur atas dapat terselenggaranya kegiatan tersebut yang dapat membangkitkan rasa saling menghormati antar umat beragama di Kabupaten Buleleng.

Pihaknya pun mengimbau agar seluruh masyarakat bisa tetap bijak dalam menyikapi perbedaan beragama sehingga dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dalam lingkungan bernegara dan bermasyarakat.

"Kami semua bersaudara walaupun berbeda dalam keyakinan namun perbedaan itulah yang harusnya membuat kita damai dengan terjalinnya kerukunan antar-sesama," pungkas dia.

Pewarta: IMBA Purnomo/Naufal Fikri Yusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023