Denpasar (Antara Bali) - Rektor Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar Prof Sri Darma menyambut positif penyempurnaan kurikulum pendidikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai terobosan untuk mengejar ketertinggalan, sekaligus meningkatkan daya saing bangsa.

"Pendidikan yang berbasis pada kompetensi dan pengembangan karakter bangsa menjadi tuntutan dalam menghadapi persaingan global tahun 2020," katanya Denpasar, Senin.

Menurut dia, penyempurnaan kurikulum itu memang sudah seharusnya dilakukan karena mempunyai peran penting untuk menjadikan Indonesia mampu memenangkan persaingan di era global itu.

"Kurikulum mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan kejuruan yang diterapkan selama ini sangat memungkinkan para anak didik mengejar nilai semu, tanpa melihat moral," ujar Prof Sri Darma.

Dengan adanya pendidikan yang menekankan karakter bangsa akan mampu mencetak anak didik, sekaligus bangsa Indonesia memiliki dan menghormati seni budaya yang adiluhung. (*/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012