Puskesmas I Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali, meraih PPKM Award 2023 tingkat nasional sebagai puskesmas dengan pengelolaan vaksinasi COVID-19 terbaik.

Penghargaan ini diserahkan langsung Presiden Joko Widodo kepada Kepala Puskesmas I Denpasar Selatan dr Komang Wulan Putri Tjatera di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin.

"Sebelumnya, Puskesmas I Denpasar Selatan telah masuk dalam nominasi 15 puskesmas terbaik, di antara 10 ribu puskesmas seluruh Indonesia," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Anak Agung Ayu Agung Candrawati dalam keterangan tertulis di Denpasar, Senin.

Ia didampingi Kepala Puskesmas I Denpasar Selatan dr Komang Wulan Putri Tjatera mengatakan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pihak yang berkontribusi positif dalam penanganan COVID-19.

Menyinggung soal program yang telah dilakukan, ia menyampaikan Puskesmas I Denpasar Selatan pada masa pandemi COVID-19 memiliki langkah dan upaya strategis penanganan penularan virus tersebut.

Program yang dilakukan meliputi kegiatan vaksinasi massal pada masyarakat, baik yang diadakan dalam gedung, banjar, kantor pemerintahan dan juga vaksinasi metode dari rumah ke rumah secara jemput bola bagi penyandang disabilitas dan lansia.

Baca juga: Kapolda Bali terima penghargaan terbaik Kompolnas Awards 2022

"Keberhasilan ini tak terlepas dari kerja sama seluruh pihak yang telah bahu-membahu dalam melaksanakan program vaksinasi COVID-19 dan penanganan pandemi di Kota Denpasar," ucapnya.

Pihaknya berharap, melalui penghargaan ini pelaksanaan vaksinasi dapat lebih merata sehingga seluruh masyarakat dapat tervaksinasi.

Keberhasilan ini, kata Candrawati, juga tidak terlepas dari arahan Wali Kota Denpasar serta sinergi semua pihak yang bahu-membahu dalam penanganan pandemi COVID-19, termasuk juga dalam pelaksanaan vaksinasi.

"Kami berharap mudah-mudahan dengan penghargaan ini kami segenap jajaran kesehatan Kota Denpasar dengan dilandasi spirit Vasudaiva Kutumbakam dapat terlecut motivasinya dalam memberikan pelayanan di bidang kesehatan yang terbaik kepada masyarakat. Dengan demikian derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat," katanya.

Baca juga: PLN Bali raih Gold BUMN Award 2022 karena konsisten berdayakan masyarakat

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023