Pemerintah Kabupaten Badung, Bali berkomitmen untuk terus melakukan pembangunan sektor olahraga dan seni dengan melakukan pembinaan serta penyediaan sarana prasarana yang memadai.

"Pola pembinaan dan tersedianya sarana prasarana serta komitmen bersama dalam pembangunan olahraga dan seni akan mampu melahirkan atlet dan artis yang berprestasi" ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa saat pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Badung Tahun 2023 di Mangupura, Senin.

Pemkab bersama DPRD Badung akan terus berupaya menyediakan sarana dan prasarana olahraga serta pembinaan bidang olahraga dan seni.

Selain itu, menurutnya, penyelenggaraan porsenijar juga akan membantu mendorong pencapaian pembangunan olahraga dan seni yang baik karena kegiatan itu proses pembelajaran untuk mengetahui dan mengukur penguasaan teknik, taktik, strategi, serta stamina peserta.

Sekda Adi Arnawa berharap, melalui Pekan Olahraga dan Seni Pelajar Badung Tahun 2023 terpilih atlet dan artis potensial yang mampu membawa nama baik daerah pada kegiatan olahraga dan seni di tingkat lebih tinggi.

"Penyelenggaraan porsenijar dapat bermanfaat dalam upaya mengembangkan pembinaan olahraga dan seni di Badung. Bagi para atlet dan artis agar menaati segala peraturan/keputusan yang telah ditetapkan dan disepakati bersama dengan mengedepankan sikap sportivitas," kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Kadisdikpora) Badung I Gusti Made Dwipayana menambahkan porsenijar upaya nyata menumbuhkan, meningkatkan, dan memberdayakan kesiapan para pelajar dalam bidang seni dan olahraga.

Kegiatan itu juga bermanfaat mengevaluasi serta mengukur hasil pembinaan, penguasaan teknik, taktik, dan strategi masing-masing sekolah terhadap bidang olahraga serta seni.

"Kegiatan ini mendorong dan memberdayakan olahraga dan seni sebagai bagian penting serta strategis bagi pencapaian prestasi dan meningkatkan kesadaran para pelajar," kata dia.

Porsenijar Badung 2023 mempertandingkan 31 cabang olahraga dan 18 bidang seni yang dilaksanakan hingga 12 Maret mendatang dengan peserta para pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK di daerah itu.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023