Jayapura (Antara Bali) - Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN wilayah Papua dan Papua Barat, Mukhtar mengemukakan pihaknya tengah memperbaiki pencatatan meteran listrik pelanggan dengan cara menggunakan kamera foto atau angka pemakaian listrik pelanggan langsung difoto.

"Cara ini kami gunakan untuk memperbaiki sejumlah kesalahan dan keluhan yang kerap disampaikan oleh pelanggan kepada kami," katanya di Jayapura, Papua, Rabu.

Dengan diberlakukan pencatatan meteran listrik pakai kamera foto, kata Mukhtar, diharapkan petugas PLN yang mendatangi rumah pelanggan dapat membawa pulang bukti hasil foto meteran pelanggan.

"Jadi kalau meteranya rusak, buram dan sebagainya kelihatan dalam hasil foto kamera. Sehingga dengan sistem ini petugas kita tidak bisa melakukan sistem menebak-nebak angka dalam pencatatan meteran tersebut," kataanya.

Terkait adanya berbagai keluhan dari pelanggan yang menyampaikan bahwa tagihan rekening listriknya melonjak naik, Mukhtar mengatakan, kemungkinan yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir dilapangan adalah dampak daripada pencatatan meteran dengan kamera ini lebih baik, daripada pencatatan manual yang dilakukan oleh petugas.

"Sehingga sejumlah hasil foto kamera tersebut menunjukan berapa pemakaian dalam sebulan yang tertera di dalam meteran," katanya. (*/ADT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012