Dinas Ketenagakerjaan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disnaker ESDM) Provinsi Bali menggelar kegiatan donor darah dalam rangka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2023 sebagai bentuk kesetiakawanan.

"Selain sebagai wujud empati, saya juga berharap kegiatan ini mampu mendorong rasa kesetiakawanan di kalangan para pekerja," kata Kasi Wasnaker Disnaker Bali Made Sukana di Denpasar, Jumat.

Selaku koordinator donor darah dan demo Alat Pemadam Api Ringan (APAR), ia mengatakan bahwa donor darah sendiri merupakan kegiatan sosial yang bertujuan membantu masyarakat yang sedang membutuhkan transfusi darah.

Sementara untuk demo pemadaman api dengan APAR, menurut dia adalah bagian dari upaya menciptakan keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja.

Baca juga: Dinkes Bali sebut potensi temuan kasus campak itu kecil

Kegiatan donor darah dalam rangka Bulan K3 Nasional 2023 yang diselenggarakan di Kantor Disnaker Bali ini diikuti oleh 70 peserta dari perusahaan dan aparatur pemerintahan di Pemprov Bali.

"Bekerja sama dengan RS Prof. Ngoerah, donor darah berlangsung sejak pukul 08.00 Wita dan berjalan lancar. Selain donor darah, pada hari yang sama juga digelar demo APAR yang melibatkan sejumlah perusahaan," ujar Sukana.

Untuk demo APAR kegiatannya berlangsung di halaman Kantor Disnaker Bali dengan dibagi menjadi dua sesi, yaitu pemadaman api dengan menggunakan alat konvensional karung basah dan memakai tabung pemadam kebakaran berukuran kecil.

Ia menjelaskan bahwa peringatan Bulan K3 Nasional 2023 rangkaiannya akan diselenggarakan hingga 12 Februari 2023.

"Bulan K3 Nasional tahun ini mengusung tema Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja," demikian Sukana.

Baca juga: Dinkes Bali siapkan vaksin Pfizer dan Indovac untuk booster ke-2

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023