Jakarta (Antara Bali) - Menteri Negara Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana, menilai target Indonesia untuk mencapai surplus 10 juta ton beras pada tahun 2014 bisa dicapai.
       
"Meski berat, kita sudah menuju swasembada. Memang untuk mencapai target, butuh upaya luar biasa," kata Armida Alisjahbana, dalam konferensi pers Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi ke-10, di Jakarta, Selasa.
       
Menurut Armida, dari laporan tiga kuartal terakhir, produksi beras di Indonesia meningkat sebesar 4 persen. Namun, lanjut dia, untuk mencapai surplus beras 10 juta ton per tahun, Indonesia harus meningkatkan produksi beras sebanyak 6 persen.
       
"Untuk mendukung ketahanan pangan maka ada riset untuk menciptakan bibit beras yang unggul serta tahan akan kekeringan," kata dia.
       
Ia mengatakan bahwa ada lima komoditas pangan strategis yang menjadi prioritas nasional, yaitu beras, jagung, kedelai, gula dan daging sapi.
       
Idealnya, kata dia, Indonesia harus bisa mencapai swasembada kelima komoditas tersebut. "Namun untuk mencapai swasembada kelima-limanya, tentu saja tidak mudah. Daging sapi misalnya, sepertinya tidak mungkin kita akan mencapai swasembada dalam waktu dekat," kata dia.(*/M038)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012