Denpasar (Antara Bali) - Aneka kerajinan Bali menjadi barang seni andalan yang paling diminati, berkat memiliki ciri khas yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh bagi masyarakat yang berkunjung ke Pulau Dewata.

Daya tarik kerajinan Bali sehingga dicari wisatawan berkat rancangan bangun dipadukan dengan seni budaya yang tumbuh kental di daerah ini, kata Jro Suma, pengusaha dan eksportir aneka kerajinan Bali di Denpasar Senin.

Pengrajin Bali umumnya siap menyambut kedatangan wisatawan dalam dan luar negeri untuk menyambut liburan Natal dan akhir tahun 2012 di daerah Bali dengan menyuguhkan berbagai jenis pernak-pernik yang unik buatan perajin setempat.

Made Sura, pedagang aneka kerajinan Bali lainnya di Pantai Sanur, mengkhawatirkan walau turis dalam negeri ramai ke Pulau Dewata, toko-toko yang menjual barang kerajinan di pasar tradisional ini akan sepi pengunjung, mengingat pemerintah sudah mengeluarkan izin kepada toko oleh-oleh khas Bali tersebar di berbagai tempat strategis.

Namun demikian, para pedagang kecil tetap berharap kecipratan dolar atau dikunjungi turis dalam negeri yang datang umumnya berasal dari kota-kota besar di Jawa, mengingat pengrajin Bali sejak dini mempersiapkan aneka barang kerajinan unik menyambut liburan akhir tahun.(*/ADT)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012