Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali memperpanjang pendaftaran bakal calon rektor periode 2023-2027  perguruan tinggi terbesar di "Pulau Dewata" --sebutan untuk Bali-- tersebut.

"Keputusan ini diambil dalam rapat Senat Undiksha, hari Rabu (2/11), karena ada satu bakal calon yang tidak memenuhi syarat administrasi," kata Ketua Senat Undiksha I Nyoman Sudiana di Singaraja, Rabu.

Panitia pelaksana pemilihan rektor melaporkan kepada senat bahwa sejak pendaftaran bakal calon rektor dibuka pada 26 September-14 Oktober 2022, terdapat empat orang pendaftar, yaitu Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si., Dr. I Ketut Sudiana, M.Kes., dan Dr. I Wayan Artanayasa, S.Pd.,M.Pd.

Berdasarkan laporan hasil verifikasi administrasi yang disampaikan pula oleh Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor, melalui rapat senat, Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si., dinyatakan gugur sebagai bakal calon rektor karena tidak memenuhi persyaratan administrasi.

Baca juga: Undiksha Singaraja adakan Kejurnas Petanque

"Yang memenuhi syarat adalah Wayan Lasmawan, I Ketut Sudiana, dan Artanayasa. Dan yang tidak memenuhi kelengkapan persyaratan adalah I Nengah Suparta," katanya.

Merujuk Peraturan Senat Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pemilihan Rektor dan Peraturan Senat Nomor 3 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Rektor, jumlah minimal bakal calon rektor untuk bisa berlanjut ke tahap pemilihan empat orang.

Atas hal tersebut, melalui rapat Senat Undiksha diputuskan untuk melakukan perpanjangan waktu pendaftaran bakal calon rektor selama 3-9 November 2022 dengan waktu sesuai jam kerja.

Keputusan lainnya, katanya, bakal calon yang gugur dapat kembali mengikuti pendaftaran.

"Pada rapat senat diputuskan juga bahwa tiga bakal calon yang memenuhi syarat telah ditetapkan. Yang tidak memenuhi persyaratan, itu dinyatakan gugur," kata Sudiana.

Baca juga: Undiksha-Bali ajak mahasiswa miliki perubahan pemikiran dibanding SMA

Pewarta: IMBA Purnomo

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022