Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, menyerahkan dana hibah untuk membantu pembangunan infrastruktur di dua desa di Kabupaten Buleleng Bali.

"Bantuan hibah ke kabupaten lain ini merupakan wujud komitmen Kabupaten Badung yang mempunyai Program Badung Angelus Buana yang artinya Badung berbagi dari Badung untuk Bali," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Kamis.

Bantuan dana hibah sebesar Rp490 juta itu diserahkan untuk pembangunan Balai Sekretariat MGPSSR Desa Sidetapa Buleleng sebesar Rp300 juta dan pembangunan Balai Panggungan Dadia Pasek Gelgel Banjar Dinas Kajanan di Desa Madenan sebesar Rp190 juta.

Bupati Giri Prasta mengatakan bantuan untuk pembangunan infrastruktur termasuk juga bantuan untuk pelaksanaan kegiatan yang ada di pura itu merupakan salah satu bagian dari pada tugas untuk membantu masyarakat khususnya untuk meringankan beban yang terkait dengan urusan adat, agama, tradisi dan seni budaya.

"Inilah program yang harus terus dilakukan dan saya akan terus bergerak untuk ini," kata dia.

Ia menjelaskan apabila Pajak Hotel Restoran di Badung sudah tercapai maka program Badung Angelus Buana harus dilaksanakan.

Program itu menurutnya sudah berjalan dari dulu dan secara aspek yuridis dibolehkan serta secara aspek filosofisnya sudah dilaksanakan dari dulu.

Baca juga: Forkompimda Badung minta warga jaga situasi kamtibmas hingga KTT G20

"Namun dahulu dana diserahkan langsung ke provinsi, tetapi sekarang langsung bawa ke daerah penerima hibah dan aspek sosiologi kami adalah saudara," ungkap Bupati Giri Prasta.

Ia menambahkan penyerahan bantuan dana hibah yang dilakukan secara langsung merupakan wujud transparansi agar bantuan yang disalurkan dapat diketahui oleh semua masyarakat untuk menghindari adanya permasalahan sosial dan hukum di kemudian hari.

"Inilah wujud dari penyerahan bantuan secara transparan akuntabel dan terbuka," tambah Bupati.

Sementara itu, salah satu penerima hibah dari Desa Sidetapa I Made Sutama berterima kasih kepada Pemkab Badung karena telah membantu dan meringankan beban masyarakat dalam bidang pembangunan infrastruktur.

"Kami berdoa agar Bapak Bupati Giri Prasta selalu diberikan kesehatan," ujar dia.

Baca juga: Forkompimda Badung minta warga jaga situasi kamtibmas hingga KTT G20

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022