Denpasar (Antara Bali) - Bali secara nominal menyalurkan kredit yang melibatkan bank umum hingga triwulan II-2012 mencapai Rp 34,3 triliun, atau 60,14 persen dari total aset, meningkat dari periode sebelumnya sebesar 59,83 persen.

Pertumbuhan pada triwulan II bertambah besar menjadi sebesar 26,52 persen (YOY), kata Asisten Direktur Bank Indonesia Wilayah III, Sunarto dalam laporannya di Denpasar Sabtu.

Ia menyebutkan, pertumbuhan kredit sepanjang triwulan II dipicu oleh peningkatan aktivitas perekonomian yang tengah mencapai puncaknya yang didorong antara lain oleh persiapan penyelenggaraan KTT APEC tahun 2013.

Pemerintah berupaya menyukseskan kegiatan akbar tersebut, pemerintah dan pihak swasta meningkatkan infrastruktur, baik infrastruktur dasar seperti jalan dan bandara muapun infrastruktur pendukung seperti hotel dan restoran.

Selain itu peningkatan konsumsi masyarakat terkait dengan perayaan hari besar keagamaan, pendidikan dan pemenuhan kebutuhan perumahan juga diperkirakan telah mendorong pertumbuhan kredit yang tumbuh cukup menggembirakan di Bali.(*/ADT)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012