Negara (Antara Bali)- Menjelang Hari Raya Idul Adha, jumlah pengiriman sapi bali ke Jawa meroket, sementara kiriman hewan kurban dari Jawa ke Pulau Dewata justru sepi.

"Jumlah sapi bali yang dikirim ke Jawa mengalami kenaikan sejak dua minggu lalu. Kami perkirakan jumlahnya naik hingga 1.000 ekor dibanding hari biasa," kata Penanggungjawab Karantina Terpadu Gilimanuk, Nyoman Budiarta kepada wartawan, Rabu.

Menurut Budiarta, pada hari biasa, pengiriman sapi bali mencapai 7.000 ekor tiap bulan, sementara saat Idul Adha ini, ia memperkirakan akan mencapai 8.000 ekor.

Dari data pihak karantina, sapi bali ini sebagian besar dikirim ke Jakarta dengan diangkut puluhan truk setiap hari.

Untuk sapi yang dikirim ini, Budiarta mengaku, pihaknya melakukan pemeriksaan ketat khususnya terkait kesehatan ternak tersebut.

"Saat sampai disini sapi kami turunkan, selain untuk pemeriksaan dokumen, juga kita periksa kesehatannya agar tidak ada sapi yang sakit apalagi mengidap penyakit menular keluar dari Bali," Budiarta.

Terkait sepinya pengiriman hewan kurban ke Bali, Budiarta menduga, karena kebutuhannya sudah tercukupi dari peternak lokal.(GBI/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012