Ambon (Antara Bali) - Kepala Bidang Budaya dan Seni Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Anna Likko mengatakan, tenaga profesional bidang seni musik dan tari di daerah ini masih minim sehinga mempengaruhi kemampuan siswa mengikuti lomba tingkat nasional.

"Untuk lebih meningkatkan kemampuan para siswa dalam bidang seni musik dan seni tari, memang sangat membutuhkan tenaga pelatih yang lebih profesional, sehingga tidak kalah bersaing dengan siswa dari daerah lain pada lomba tingkat nasional," kata Anna Likko, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan hal tersebut sehubungan kekalahan kontingen Maluku pada Parade Tari Nusantara (PTN) dan Gita Bahana Nusantara (GBN) tingkat nasional, berlangsung di TMII Jakarta, Juli 2012.

Meskipun demikian, katanya, PTN dan GBN merupakan kegiatan tahunan dan Maluku masih punya kesempatan mengukir prestasi pada tahun-tahun mendatang.

Karena itu, siswa yang menjadi peserta dari daerah akan diseleksi secara ketat agar mampu bersaing dengan siswa dari daerah lain. "Seleksi ketat diperlukan di seluruh kabupaten/kota, terutama di tingkat provinsi agar tidak asal - asalan, karena lomba ini melibatkan juri tingkat nasional," ujarnya.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012